Thursday, 30 March, 2017
Home » JKT48 News » Editorial » Bulan Ramadhan Datang dan Rahasia Bisnis ala JKT48

Bulan Ramadhan Datang dan Rahasia Bisnis ala JKT48

Bagi masyarakat awam yang hanya mengenal JKT48 sebagai dedek-dedek gemes yang selalu manggung dengan rok pendek berfikiran bahwa di Bulan Ramadhan pasti seluruh kegiatan yang berhubungannya akan ditiadakan. Bagaimana tidak, JKT48 sendiri selalu dicap kurang sopan apabila manggung di Bulan Ramadhan dengan menggunakan kostum seperti biasanya.

Acap kali, pandangan orang umum selalu ditepis dengan ‘baik’ oleh pihak manajemen, JKT48 yang semula tampil dengan kostum yang dianggap sexy kini sanggup mengalahkan ekspektasi banyak orang bahwa mereka memang sanggup memberikan nuansa berbeda di bulan ramadhan ini. Pihak manajemen faham betul dengan masalah itu, JKT48 sendiri sudah membuktikannya sejak beberapa tahun lalu. Berawal dari keraguan bahwa ‘JKT48 akan tampil dengan kostum itu-itu saja’ berhasil mematahkan keraguan tersebut.

‘Jangan ragukan kemampuan JOT, pihak manajemen JKT48 yang selalu membuat decak kagum dan memberi kejutan pada setiap orang’. Ya, kutipan tersebut pantas disematkan pada JOT (JKT48 Operational Team). Bukti nyata bahwa JKT48 bahwa sanggup tampil dengan kostum yang tertutup, bisa dilihat dengan adanya seifuku (kostum) yang berbeda. JKT48 mempunyai pakaian tersendiri khusus untuk manggung selama bulan suci. Adalah ‘seifuku ramadhan’.

e04c2973c55481c66aed7b7a4550a147_view

Bulan Ramadhan memang identik dengan puasa, yakni menahan diri dari segala sesuatu yang dapat membatalkannya.

Bukan tak mungkin, apabila JKT48 Theater sebagai rumah bagi member selama bulan suci ini ini akan libur. Dengan tak adanya waktu yang tepat untuk menggelar pertunjukkan karena satu dan lain hal, pihak manajemen memutuskan untuk meliburkan kegiatan theater tersebut. Masalah kesehatan mungkin bisa dijadikan penyebabnya. Dengan kondisi yang lemas dan perform yang cukup menyita banyak tenaga tentunya sangat logis buat dijadikan alasan.

Dan seperti yang dijelaskan diatas bahwa jangan sekali-kali ragukan kemampuan JOT untuk memberikan kejutan, patut diacungi jempol. Sebagai pengganti perform theater yang hilang selama satu bulan. JOT sendiri pasti sudah menggantinya dengan kegiatan-kegiatan lain yang bisa menarik perhatian para fans.

 

Adalah JKT48 School.

Acara yang semula ditayangkan di Global TV yang bertujuan untuk mengenal anggota-anggota JKT48 dengan lebih dekat. Dibawakan oleh presenter John Martin yang berperan sebagai wali kelas, JKT48 School pertama kali ditayangkan pada tanggal 15 April 2012. Acara yang diadopsi dari acara Shukan ATV di TV Tokyo ini dapat kalian saksikan live di Theatre fx Sudirman selama satu bulan full.

Buat para penggemar yang sudah menanti adanya program reality show yang berkaitan dengan JKT48 cukup datang saja ke JKT48 Theatre, fx Sudirman.

JKT48 School ini tentunya mampu membuat penasaran fans, karena acara semacam inilah yang selalu menampilkan kesan-kesan anti mainstream, mengungkap sisi lain dan bakat-bakat terpendam yang akan disajikan oleh para member. Meski baru satu kegiatan yang muncul di bulan Ramadhan tahun ini, sekiranya manajemen tak perlu cemas berlebihan karena animo penonton yang menonton JKT48 School Live In Theater juga cukup besar.

Ya, menelusuri bisnis unik ala JKT48 mungkin sangat bisa dibilang mengasyikan.

Ketika JOT menghentikan show theater kini semua fans tak perlu lagi kecewa. dengan adanya kegiatan lain di theater tentu ini suatu nilai tambah bagi pihak manajemen. Ketika bulan Ramadhan datang, tak perlu mencemaskan defisit kekurangan pemasukan akibat hal tersebut karena bisa menggantinya dengan kegiatan lain.

JKT48 memang bukan hanya soal musik namun keseluruhan sebuah hiburan. Mereka sudah menentukan seperti apa yang harus mereka lakukan, menentukan kegiatan-kegiatan apa yang mampu menarik perhatian disaat yang tepat untuk ‘dilempar’ ke pasaran.

Sebenarnya apa yang ditawarkan oleh JKT48 bukan hal yang baru untuk industri musik dunia. Bisa dibilang cara ini juga dilakukan oleh semua musisi agar keberlangsungan hidupnya bisa berjalan. Namun pengemasan dan cara menciptakan sebuah trend ini yang patut ditiru.

Menciptakan sebuah paket menarik agar semua orang bisa menikmati musik memang bukan hal yang mudah. Kecanggihan teknologi juga telah memudahkan kita untuk mempromokan karya, tinggal bagaimana kita belajar untuk menempatkannya.

comments with facebook

About Mahfud

Seorang fans far idol grup lokal dengan tingkat fanatisme masih dipertanyakan. Menganut faham 'Ngidol fur Fun'. Mukim di Kebumen, Jawa Tengah. Berakun twitter: @mahfudoremi.

Check Also

Member JKT48 Foto bersama setelah konser "Wayahe Suroboyo, Rek!"

Sister Group SBY48? Sepertinya Tidak Perlu

  Mulai tahun ini, fans JKT48 di Surabaya akan dimanjakan dengan gebrakan baru dari manajemen …