Monday, 5 December, 2016
Home » 48World » Fans AKB48 ini habiskan Rp 3,5 Milyar untuk borong CD demi oshimennya

Fans AKB48 ini habiskan Rp 3,5 Milyar untuk borong CD demi oshimennya

Dunia per-idol-an selalu dipenuhi dengan kejutan-kejutan oleh sang idol dan juga managemen yang menaunginya, dari berita seperti kelulusan member hingga “perang” antar fans saat pemilu yang diadakan setiap tahunnya. Namun tak hanya itu saja. Dunia yang semakin membawa kita ke arah obsesif/maniak ini sangat sulit untuk move-on bagi mereka yang sudah menggelutinya, sehingga sebagian dari mereka tentu akan melakukan hal-hal di luar akal sehat manusia.

Manajemen idol group di Jepang memanfaatkan  hal ini dengan baik, mereka sering menggunakan strategi ini untuk mendongkrak penjualan mereka, seperti memberikan hadiah spesial bagi orang yang membeli CD idol group mereka (single ataupun album) lebih dari 1 kopi, maupun memberikan bonus tiket handshake bersama member pilihan mereka sendiri.

Member aktif AKB48 yang cukup banyak membuat manajemen menjadi sulit untuk melatih koreografi. Jadi manajemen mengambil tindakan dengan memisahkan member pada tiap – tiap grup kecil berdasarkan polling popularitas, yang disebut “Elections” dan dilakukan secara rutin dan berkala oleh manajemen mereka. Semakin banyak suara yang diperoleh 1 member, maka semakin besar fokus yang diberikan pada member tersebut pada lagu, video, dan/atau konser berikutnya.

Pemilihan member atau yang lebih sering disebut Senbatsu Sousenkyo diadakan setahun sekali, fans bisa memilih member kesayangan mereka melalui kertas suara yang disertakan dalam CD yang telah ditentukan. Tidak seperti pemilihan politik, voting lebih dari 1 bukan hanya tidak dilarang, melainkan para fans didorong untuk memberikan vote lebih dari 1 kali, dan para member juga mengharapkan demikian.

Dua kali pemilihan terakhir merupakan hal yang kurang menyenangkan bagi salah satu member yang berusia 16 tahun, Juri Takahashi, yang gagal masuk dalam daftar top 48. Untungnya kali ini ia mendapatkan sponsor yang cukup mapan, dan si penggemar yang tidak diketahui identitasnya ini memiliki tekad yang kuat untuk memasukkan idolanya ke dalam daftar top 48, bahkan menduduki puncaknya. Jadi, seberapa serius penggemar tersebut? Silakan Anda lihat sendiri foto di bawah.

jjkt48fan-com

jkt48fans-com

Anda bingung itu apa? Itu adalah setumpukan kardus yang berisi CD edisi senbatsu sousenkyo (berisi kertas suara).  Mau tahu Seberapa banyak uang yang digelontorkan sponsor Nona Takahashi ini? Kira – kira 31.502.400 yen ($311.905,-) atau sekitar Rp 3.559.771.200,-. Ya benar, 3 Milliar Rupiah. Jumlah yang cukup fantastis mengingat kegunaannya.

Seandainya anda juga telah menggelontorkan uang cukup banyak untuk membeli CD mereka, coba tanyakan hal ini pada diri Anda: “dengan uang sebanyak itu Anda dapat membeli sahamnya dan menjadi salah satu anggota eksekutif manajemen, dan berinteraksi setiap hari dengan SEMUA member”.

 

source & translate

comments with facebook

About Vikoo E

Check Also

Foto: akb48-daily.blogspot.co.id

Theater Untuk MNL48 Akan Dibentuk?

Jika benar adanya, berarti nantinya AKB48 akan punya sister group yang berada di kawasan Asia …