Sunday, 4 December, 2016
Home » JKT48 News » Fokus Sousenkyo Single ke-10 JKT48: Pengumuman Tahap Kedua

Fokus Sousenkyo Single ke-10 JKT48: Pengumuman Tahap Kedua

Tidak terasa senbatsu sousenkyo single ke-10 JKT48 sudah berjalan lebih dari setengahnya. 20 hari sousenkyo sudah berlalu pada saat pengumuman kedua diumumkan dan para fans telah mengerahkan, minimal, setengah kemampuan yang mereka miliki untuk ‘mendorong’ oshi mereka sehingga bisa menjadi salah satu dari 16 senbatsu di single ke-10 JKT48.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini 16 member di urutan 17-32 yang ‘kurang beruntung’ akan diberikan ‘hadiah hiburan’ menjadi member undergirls di single ke-10 JKT48. Tahun lalu, sousenkyo single ke-6 JKT48 hanya memilih senbatsu untuk lagu utama di single tersebut, tidak ada ‘hadiah hiburan’ untuk posisi 17-32.

Tahun ini, sousenkyo single ke-10 diikuti oleh 64 member JKT48 dan pengumuman kedua di tanggal 14 April 2015 lalu telah memunculkan 32 nama yang masuk dalam daftar senbatsu dan undergirls. Apakah ada hal menarik yang bisa kita lihat dari hasil tersebut?

– Melody: Kembali Tangguh di Puncak –

Setelah sebelumnya menjadi center undergirls di pengumuman tahap pertama, posisi Melody naik 16 peringkat ke center senbatsu di pengumuman kedua. Melody mantap di puncak sousenkyo saat ini dengan 10.180 suara, suaranya bertambah 1112% dari perolehan suaranya di pengumuman tahap satu.

Kenaikan perolehan melody di pengumuman tahap kedua ini adalah yang tertinggi dari kenaikan perolehan suara member lainnya dan hanya bisa didekati oleh Kinal yang mendapatkan pertambahan perolehan suara sebesar 1057%.

Tahun lalu, Melody memang mendapatkan presentase pertambahan perolehan suara sebesar 1578% (1,4x lebih tinggi dari tahun ini), tetapi ingat bahwa jumlah suara yang dikumpulkan jauh lebih banyak tahun ini (10180 dibanding 7969) dan cost per vote-nya juga lebih tinggi tahun ini.

Penurunan presentase pertambahan suara Melody tahun ini bukan merupakan suatu kemunduran, sebaliknya itu adalah sebuah tanda bahwa Melodiest tahun ini lebih garang daripada tahun lalu.

Bukan tidak mungkin Melody akan memperoleh 20.000 suara pada pengumuman tahap final nanti.

– Veranda: Masih Mencari Celah untuk Menyalip –

Sempat berada di posisi 4 pada pengumuman tahap pertama, Veranda hanya mendapat tambahan suara sebesar 7.874 suara pada pengumuman tahap kedua atau setara dengan 465% dari perolehan suaranya di pengumuman tahap pertama.

Pertambahan perolehan suara ini membuat Veranda harus rela disalip oleh Melody yang memperoleh tambahan 9.340 suara dan membuat Ve tertinggal di posisi kedua. Ve perlu ‘dorongan’ yang lebih kencang untuk mampu menyalip Melody, yang sepertinya akan berlari makin kencang di putaran ketiga sousenkyo kali ini.

Sepertinya, Ve perlu mengejar minimal perolehan 25.000 suara untuk mengamankan posisi pertama dari sousenkyo di tahun ini, mengikuti tren kenaikan perolehan suara akhir di event voting yang berkisar di antara 2-3x lipat dari tahun sebelumnya.

Tahun lalu Ve menempel ketat Melody dari pengumuman tahap kedua hingga akhir, tetapi gagal menyalipnya sama sekali. Apakah tahun ini Ve mampu menyalip Melody di tikungan terakhir dan memutuskan benang takdir Melody sebagai center abadi JKT48?

– Sisil, Ikha, dan Sendy: Mulai Melambat –

Setelah sempat memberikan kejutan di pengumuman tahap satu, Sisil yang sebelumnya menempati posisi center harus rela tergeser 5 posisi ke bawah di pengumuman tahap dua. Sisil hanya mendapatkan kenaikan suara 131% dari perolehan di tahap pertama dan membuatnya disalip oleh sejumlah member lainnya.

Walaupun demikian, perolehan 6000an suara di pengumuman kedua tetaplah tinggi. Sulit membayangkan bahwa Sisil akan terlempar dari daftar 32 besar sousenkyo kali ini, meski mungkin saja dia bisa terlempar dari daftar senbatsu apabila fansnya kurang mampu menambah akselerasi di putaran ketiga ini.

Hal serupa dialami oleh Sendy dan Ikha. Setelah sebelumnya berada di posisi kedua dan ketiga, keduanya mengalami perlambatan yang cukup signifikan dalam hal pertambahan perolehan suara di putaran kedua ini. Perolehan suara Sendy hanya bertambah 133% sementara Ikha hanya bertambah 74% dari sebelumnya. Pertambahan suara Ikha adalah yang terkecil di pengumuman tahap kedua, apakah ini tanda bahwa fanbase Ikha mulai kehabisan gas? Rata-rata pertambahan perolehan suara di putaran kedua ini adalah 400%.

 – Kami-Seven: Dimanakah Mereka? –

Shanju dan Nabilah kembali menyeruak ke posisi atas dengan jumlah vote yang mantap, walau masih tertinggal 2000 suara lebih dari Melody yang berada di posisi puncak. Fans mereka seakan-akan menegaskan bahwa tempat oshi mereka memang masih di kahyangan.

Pada sousenkyo sebelumnya, pertambahan suara untuk posisi 16 di pengumuman akhir hanya 2x lipat dari pengumuman tahap kedua. Apabila tren tersebut masih sama tahun ini, besar kemungkinan keduanya akan kembali menjadi senbatsu di single ke-10. Meski fans keduanya jangan sampai lengah, sebab bukan tidak mungkin akan terjadi bom besar-besaran di akhir periode voting kali ini yang bisa saja menggeser mereka ke luar dari zona senbatsu.

Haruka mengalami nasib yang sama seperti tahun lalu, posisinya saat ini di ujung tanduk, dekat dengan batas bawah senbatsu.

Akan tetapi jangan lupa, fans Haruka itu punya kebiasaan mengebom di akhir masa voting. Bukan cuma di sousenkto single ke-6, beberapa event voting lainnya pun punya kejadian seperti itu, tak terkecuali sousenkyo single ke-10 kali ini. Walau bisa saja tahun ini bom tersebut tidak terlalu besar ledakannya, sebab fans Jepangnya memutuskan untuk tidak mendukung dia

Cuma masa sih, fans Jepang-nya Haruka baru sadar tahun ini kalau Haruka ga mau balik lagi ke Jepang?


Yupi berada di posisi 14 dengan selisih tidak sampai 100 suara dengan Desy yang berada di posisi 17. Posisi Yupi saat ini tidak aman dan bisa saja dia tergeser ke undergirls pada pengumuman tahap akhir.

Naomi lebih beruntung di sousenkyo tahun ini, meskipun nasibnya belum benar-benar bisa dibilang membaik. Namanya sempat masuk daftar senbatsu pada pengumuman tahap pertama, walau akhirnya keluar juga pada pengumuman kedua meski masih bertengger di undergirls. Melihat selisih perolehan suara yang sangat tipis di undergirls, bukan tidak mungkin nama Naomi akan keluar dari 32 besar dan nasibnya benar-benar berakhir menjadi ‘rapopo girls’. Tenggelam di dasar samudera.

– Team T: Mampukah Mereka Ikut Bersaing di Sousenkyo Kali Ini? –

Meskipun masih meninggalkan 2 anggotanya di zona senbatsu, posisi Andela dan Elaine belum lah aman. Elaine bahkan hanya berselisih puluhan suara dengan Desy yang saat ini menjadi center dari undergirls. Peperangan masih belum usai bagi mereka semua.

Okta dan Anin yang dahulu sempat masuk ke daftar undergirls pun tertendang keluar, walau salah satu penggantinya, Shani, masih berasal dari team T.

Posisi Michelle pun semakin mengkhawatirkan. Setelah sebelumnya berada di papan tengah undergirls, Michelle semakin terdesak ke batas bawah undergirls. Akselerasi yang pelan sudah pasti akan membuat Michelle terlempar keluar dari 32 besar, melihat begitu tipisnya selisih suara antar member di undergirls.

– Kinal dan Frieska –

Mengapa Kinal dan Frieska ada dalam bahasan fokus kita kali ini?

Jawabnya sederhana, Kinal adalah member dengan kenaikan posisi tertinggi pada sousenkyo kali ini, Kinal naik 21 peringkat ke peringkat ke-4! Urutan kedua dan ketiga ditempati oleh Melody dan Ghaida yang mampu naik 16 peringkat.

Sementara itu Frieska adalah member dengan penurunan posisi terbesar, jauh melebihi Okta dan Anin yang keluar dari 32 besar. Frieska turun 13 peringkat ke posisi 22.

Jadi, sudah siapkah kaian membuat sejarah di sousenkyo kali ini?

comments with facebook

About Jvalz

'Idol Group Enthusiast'. Menulis untuk menuangkan pemikiran.

Check Also

1f

[Editorial] Senbatsu Sousenkyo JKT48 Sejauh Ini – 6 Member dengan Cerita

Tahun ini adalah kali ketiga senbatsu sousenkyo JKT48 dilaksanakan semenjak dimulai pertama kali di tahun …