Wednesday, 7 December, 2016
Home » JKT48 News » JKT48, sister group dari AKB48

JKT48, sister group dari AKB48

Digandrunginya girlband dan boyband asal Korea di Indonesia tak cuma berdampak pada ramainya promotor yang berlomba-lomba mendatangkan artis kenamaan K-pop, di tengah-tengah maraknya girlband Indonesia yang bermunculan, JKT48 bisa dibilang sebagai sebuah grup yang paling menjanjikan! Kenapa?

Saat tulisan ini dibuat, nama JKT48 mungkin masih asing bagi sebagian besar masyarakat umum Indonesia. Tentu saja alasannya karena mereka memang belum mulai debut. Sekarang kita coba kenali lebih lanjut tentang idol group ini, yuk!

Asal Muasal Terbentuknya JKT48

Nama AKB48 tentu bukan hal yang asing di telinga para penyuka musik Jepang. AKB48 memang grup idola asal Jepang yang sangat populer hingga ke kawasan luar negerinya sendiri, bahkan di luar Asia. Jadi, ada hubungan apa antara AKB48 dengan grup idola baru di negara kita ini? Awalnya, saat nama JKT48 mulai menyeruak, banyak yang langsung skeptis dan menduga kalau grup ini cuma ikut-ikutan fenomena boyband/girlband yang memang sedang marak. Tak sedikit juga yang mengira grup ini menjiplak AKB48. Tapi, siapa sangka kalau ternyata AKB48 memang membentuk grup “adik” mereka di Indonesia?!

Indonesia boleh berbangga karena JKT48 adalah grup sister resmi pertama dari AKB48 yang berlokasi di luar Jepang. AKB48 sendiri sudah memiliki sejumlah grup sister lainnya, seperti SKE48, SDN48, NMB48, dan HKT48. Pandangan-pandangan skeptis yang ditujukan pada JKT48 dipatahkan serta-merta lewat konferensi pers yang diadakan November lalu. Sebelas September 2011 adalah pertama kalinya pembentukan grup ini diumumkan ke khalayak Jepang lewat acara yang digelar di daerah Chiba. Akimoto Yasushi, produser yang merintis AKB48, menuturkan kalau pembentukan sister group yang berlokasi di Jakarta ini diharapkan bisa membangun hubungan yang lebih dekat antara Indonesia dan Jepang.

Pembentukan sister group AKB48 ini bukannya tanpa publikasi khusus, lho. Takahashi Minami, kapten dari grup idola perempuan dengan puluhan personil ini, sempat berkunjung ke Jakarta pada tanggal 4 Oktober lalu sebagai public relation utusan AKB48! Selain menggelar acara jumpa fans di Plaza Senayan dan acara musik Dahsyat, Minami juga menemui para personil JKT48 dan memotivasi mereka semua.

Anggota grupnya sendiri ditentukan lewat audisi yang diadakan pada bulan September sampai Oktober, tentunya di Jakarta. Syarat-syarat yang disertakan kurang lebih bersifat layaknya idola pada umumnya, kecuali tentu saja batas umur yang memang ditetapkan ala AKB48. Batas umur tersebut adalah rentang antara 13 – 20 tahun. Selebihnya, yang diutamakan adalah daya tarik dari segi bakat dan penampilan, termasuk keahlian di depan lensa kamera alias fotogenik. Audisi JKT48 berakhir dengan menyisakan 28 remaja perempuan yang termasuk ke dalam generasi pertama (tim “J”).

Konsep dan Karir JKT48

Konsep yang diusung AKB48 pada dasarnya bertujuan menghadirkan idola-idola yang bisa ditemui para penggemarnya. Grup idola dengan jumlah anggota terbanyak ini memiliki gedung teater mereka sendiri, di mana siapa saja bisa melihat anggota-anggotanya secara langsung setiap harinya! Seru, ya? Pastinya komunikasi yang dekat dengan fans bisa meningkatkan popularitas sang idola hari demi harinya. Nah, konsep semacam ini jugalah yang nantinya secara garis besar diterapkan pada para personil JKT48.
Iklan Pocari Sweat berdurasi 30 detik dan 15 detik menjadi proyek pertama yang dilakukan oleh ke-28 personil awal JKT48. Pihak Pocari Sweat mengaku kalau grup idola Indonesia yang satu ini melambangkan anak-anak muda berbakat yang memang satu visi dengan produk mereka dan pantas menjadi ikon iklan Pocari Sweat. Lokasi syuting yang bertempat di pantai Kepulauan Seribu tampaknya begitu pas dalam penggambaran iklan yang menampilkan motto “berkeringat bersama mengejar mimpi” ini. Para remaja perempuan tersebut tampak bersemangat sambil menari dan menyanyikan lagu “Heavy Rotation”, salah satu single AKB48 yang paling laris di tahun 2010. lihat iklannya

comments with facebook

About Admin JKT48FC

Fans Club of JKT48. Follow us to know more information about JKT48.

Check Also

1f

[Editorial] Senbatsu Sousenkyo JKT48 Sejauh Ini – 6 Member dengan Cerita

Tahun ini adalah kali ketiga senbatsu sousenkyo JKT48 dilaksanakan semenjak dimulai pertama kali di tahun …