Saturday, 3 December, 2016
Home » JKT48 News » Editorial » Menyebalkannya Sebuah Dominasi

Menyebalkannya Sebuah Dominasi

Jakarta, JKT48fans.com – Apa yang penggemar MotoGP nikmati dari balapan motor roda 2 paling bergengsi di dunia itu sepanjang tahun 2014? Selain dominasi Marc Marquez yang berhasil mengekskusi 10 kemenangan beruntun sejak awal musim, Persaingan siapa yang jadi terkuat setelahnya antara Jorge Lorenzo – Dani Pedrosa – Valentino Rossi di tabel klasemen, Atau mungkin cuma sekedar melihat pesona para gadis paddock grid buat refreshing sebelum menjalani aktivitas melelahkan sepekan kedepan? Semua jawaban memang sah-sah saja.

Bagi para penggemar selain tim repsol  melihat dominasi Marc Marquez tentu menjadikannya tontonan tersebut muak, Bagaimana tidak sepanjang 10 race moto GP itu selalu orang-orang itu saja yang menang. Bayangkan, ketika teman sejati anda selalu mendapat rangking kelas satu tingkat diatas anda atau selalu diposisi puncak, tentu saja itu membuat iri.

Menjadi dominan memang merupakan sebuah tujuan setiap manusia. Tapi jika dominasi berlangsung terlalu lama hingga pesaing tak lagi memiliki kekuatan untuk menyerang balik, maka rasa hormat bisa beralih (dari sekadar) rasa iri menjadi rasa benci.

17 Agustus 2014, selain Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-69, apa peristiwa besar yang terjadi?

Ya, Si Bocah Alien – julukan Marc Marquez baru saja mengakhiri dominasinya. Usai sudah. Disebut-sebut akan memecahkan rekor sebagai pembalap pertama yang berhasil memenangi 11 seri awal musim, ternyata kejadian itu tak kesampaian.

Nabilah JKT48-pun mengalami hal yang sama. Setelah selalu masuk dalam semua single yang dibawakan oleh JKT48 serta selalu ‘terpilih’ dalam pemilihan member ‘terbaik’ yang diselenggarakan oleh JOT, Oshi sejuta umat – julukan gadis kelahiran 1999 ini akhirnya mengakhiri dominasinya tersebut.

Di Museum Satria Mandala, Minggu (17/8) Pengumuman siapa saja yang akan mengisi ke-16 member yang akan mentas di Pajama Drive Revival Show pada September mendatang, akhirnya tiba. Namun dalam urutan nama yang terpilih nama Nabilah Ratna Ayu Azalia, nama lengkap Nabilah tak ada. Ini merupakan kali pertama, Nabilah gagal terpilih menjadi Senbatsu.

Oshi Sejuta Umat Juga Manusia

1333110_20120802070309

Bukan tanpa alasan apabila kita menjuluki Nabilah Ayu dengan sebutan ‘Oshi Sejuta Umat’. Dengan bermodalkan paras wajah yang menawan dengan sifatnya yang cerewet, pandai berhumor serta enerjik mampu menarik banyak kalangan untuk ‘memaksa’ suka dengan idol grup naungan 48 Family, JKT48. Dengan julukkan tersebutlah Nabilah mendominasi barisan terdepan JKT48.

Dominasi Nabilah di JKT48 tak perlu dibantah oleh siapapun. Dari jumlah followers twitter akun member JKt48 saja, Nabilah sudah unggul jauh. Bicara apalagi? Barisan Handshake yang sering kali sold-out? Atau ditunjuknya dia oleh brand ambassador JKT48 untuk mengenalkan produknya supaya laku keras dipasaran? Tak terbantahkan.

Tak cuma menang popularitas, seperti yang saya bilang diatas, prestasi bersama juga tak kalah mentereng. Berbanding lurus dengan popularitasnya.

Namun, dominasi di JKT48 yang runtuh di pemilihan member ‘terbaik’ Pajama Drive Revival memperlihatkan bahwa ‘Oshi Sejuta Umat’ juga manusia. ‘Oshi Sejuta Umat’ juga dapat dikalahkan. Tercatat, Nabilah hanya masuk 7 besar dalam unit-song Kagami No Nakka No Jeanne D’Arc seperti yang para fansnya vote bersama para koalisinya.

***
Melihat hasil akhir Pajama Drive Revival, tentu kelahiran rezim ‘baru’ selalu dirayakan, apalagi kemudian rezim baru itu kembali dikalahkan. Meskipun peluang untuk membalikkan dominasi ini disadari juga berpotensi menjadi dominasi selanjutnya. Paling tidak kemenangan Trio K3; Ratu Vienny Fitrilya, Thalia, Rona Anggreani dan kuda hitam, Jessica Vania serta bintang yang sedang menuju bersinar, Elaine Hartanto telah berhasil mengungguli oshi sejuta umat, Nabilah Ayu.
Apakah dominasi Marc Marquez di Moto GP dan Nabilah Ayu di JKT48 harus berakhir?
Sebenarnya, tak usah. Tak apalah. Namun, dominasi boleh-boleh saja asal tak terlalu lama. Karena pada dasarnya, sesuatu yang berdiri sendiri atau dominan itu selalu terasa menyebalkan.

comments with facebook

About Mahfud

Seorang fans far idol grup lokal dengan tingkat fanatisme masih dipertanyakan. Menganut faham 'Ngidol fur Fun'. Mukim di Kebumen, Jawa Tengah. Berakun twitter: @mahfudoremi.

Check Also

Member JKT48 Foto bersama setelah konser "Wayahe Suroboyo, Rek!"

Sister Group SBY48? Sepertinya Tidak Perlu

  Mulai tahun ini, fans JKT48 di Surabaya akan dimanjakan dengan gebrakan baru dari manajemen …