Tuesday, 28 March, 2017
Home » JKT48 News » Pahit Manis Sebelum dan Sesudah Konser 2 tahun JKT48

Pahit Manis Sebelum dan Sesudah Konser 2 tahun JKT48

aitakatta

Sabtu Malam (21/12), JKT48 merayakan Ulang Tahunnya yang ke 2. Sebuah Konser perayaan yang bertema “Performing All Out-Terimakasih Telah Menjadi Temanku” ini digelar di Plenary Hall JCC pada pukul 13:00 untuk Show 1 dan 19:00 untuk Show 2, Serta untuk para penonton yang telah menyaksikan Show1 dan Show2 akan diberikan Show Spesial yang dilaksanakan setelah Show2 Berakhir.

Mengenai masalah sound yang terjadi pada show 1, hal ini sebenarnya sudah diantisipasi oleh pihak JKT48 Operational Team maupun Vendor lain. Seperti yang kita ketahui bersama pada show1 mengalami keterlambatan jadwal acara, yang seharusnya dimulai pada pukul 13:00 ternyata show1 baru dimulai pada pukul 14:00. Hal tersebut terjadi karena ada masalah pada Jalur Soundnya (mengalami Hamming / Delay pada beberapa Mic member), segala alternatif dan berbagai macam antisipasi pun telah disiapkan sebelumnya.

Disaat awal show semua berjalan lancar tanpa ada masalah, namun hal yang tidak diinginkan pun terjadi pada pertengahan show. Tiba-tiba Soundnya mati secara berulang-ulang, banyak fans yang kecewa pada pertunjukan kali itu.

Disini saya akan menceritakan kejadian-kejadian sebelum konser itu dimulai !!!
(saya disini sebagai vendor yang mengikuti acara ini dari awal panggung belum jadi sampai panggung dibongkar, no hoax)

-Kita Flashback sebelum show dimulai-

Pada H-1 semua member (kecuali Sendy yang sedang ada jadwal Ujian) baru mulai memasuki Plenary Hall JCC yang bertujuan melakukan GR (gladi resik) untuk Show 2 . Acara GR tersebut baru terlaksana pada pukul 21:00 WIB, semua member sangat bersemangat untuk memberikan hal yang terbaik untuk para fans JKT48 yang akan menyaksikannya pada keesokan hari.

Kinal sebagai kapten Team J memimpin Doa pada GR malam itu. Lagu pertama yang dibawakan adalah “Aitakatta” kemudian dilanjutkan dengan lagu “Baby! Baby! Baby!”, dilanjutan GR unitsong lagu “Pajama Drive” & “Junjou Shugi”, lanjut maraton ke lagu “Gokigen Mermaid”, “Kiss Shite”, “Gomen ne Summer”. Sehabis itu lanjut giliran lagu Boku no Sakura yang dinyanyikan oleh Stella Cornellia (Solo), member tersebut akan segera keluar dari JKT48 pada tanggal 28 Desember 2013 tepat pada pertunjukan terakhir Theater JKT48 Team J di Setlist “Renai Kinshi Jourei”. Pada saat Stella menyanyikan lagu tersebut, Haruka yang sedang berada di backstage mulai menunjukan eksperi sedihnya, matanya berkaca-kaca seakan tidak kuat untuk menahan kesedihannya karena harus di tinggalkan oleh Stella yang akan segera keluar dari idol grup tersebut.

Setelah Stella selesai menyanyikan lagu terebut, GR pun langsung berlanjut ke lagu “Nagai Hikari (Team J)”, Kemudian disusul dengan lagu-lagu dari setlist Renai Kinshi Jourei, diantaranya yaitu “Squall no Aida ni (Team J)”, “Kuroi Tenshi (Gabriela Margareth Warouw, Sonia Natalia, Jessica Vania Widjaja)”, “Tsundere! (Rezky Wiranti Dhike, Shinta Naomi, Della Delila)”, dan “Manatsu no Christmas Rose (Ghaida Farisya, Sendy Ariani, Diasta Priswarini, Frieska Anastasia Laksani)”

Kemudian GR pun dilanjut dengan MC yang dibawakan oleh Ghaida Farisya, Sendy Ariani, Diasta Priswarini, dan Frieska Anastasia Laksani, selesai MC acara GR pun dilanjutkan dengan panampilan dari member Team Klll yang membawakan lagu “Run Run Run” dan “Deja Vu” . Singkat cerita, GR pada H-1 pun berjalan lancar, dan GR tersebut selesai pada pukul 23:35 WIB, dan member akan kembali melakukan GR di Hari “H” pada pukul 09:00 WIB.

Keesokan harinya GR pun dilanjutkan kembali, namun untuk kali ini JKT48 Operational Team hanya mengadakan GR untuk lagu-lagu yang akan dibawakan pada Show1, dan beberapa lagu pada Show2 yang menurutnya masih kurang baik. GR pada hari H tersebut dibuka dengan doa yang seperti biasa dipimpin oleh kapten Team J “Devi Kinal”. Singkat cerita, pada awal GR di hari tersebut semua berjalan sesuai rencana, namun pada pertengahan GR tepatnya pada lagu “Switch”, tiba-tiba Haruka melepas sepatunya lalu melemparkan sepatunya kedepan sambil menundukan kepala, saya yang sedang berada di FOH bersama JOT lainnya merasa bingung dan terheran-heran mengapa hal itu bisa terjadi, salah seorang yang menurut saya sangat berperan penting dalam pertunjukan tersebut yaitu sebut saja MR.F, dia terlihat sangat lelah dan cukup kerepotan dengan hal-hal tersebut.

Disaat hHaruka seperti itu, saya sebagai fans biasa yang kebetulan direkrut untuk mengoprasikan LED TUbe merasa sangat terkejut, saya berfikir dalam hati “ternyata seperti ini lah yang dirasakan JOT selama ini, mengurus kurang lebih 50 orang itu ternyata tugas yang sangat beraaaaat” disitu saya mulai tersadar bahwa JOT itu kerja lebih keras dibanding apa yang saya kira sebelumnya.

Okkita lanjut ke topik kembali, saat selesai membawakan lagu tersebut, GR pun terhenti selama 5 menit lebih, dan akhirnya GR pun kembali dilanjutkan lagu Yuuhi Wo Mite Iruka. Haruka yang diposisikan sbageai center, seperti biasa pada lagu tersebut terdapat intro lirik
yang dibaca oleh member yang diposisikan sebagai center. Haruka pada saat itu tidak bisa berbicara apa-apa dan ia hanya menangis, lalu duduk kemudian langsung meninggalkan stage. Setelah kejadian itu GR pun dihentikan.

—-

Tidak terasa waktu pun telah menunjukan pukul 12:30 WIB, semua staff JKT48 Operatonal Team telah bersiap pada posisinya masing-masing. Dan hal yang tidak diinginkan pun terjadi, terdapat sedikit gangguan pada jalur Sound yag mengalami Hamming/Delay. Segala usaha telah dilakukan semaksmial mungkin untuk bisa menangani masalah tersebut. Show1 yang dijadwalkan akan mulai pada pukul 13:00 WIB itu pun sepertinya telah gagal dan terlihat sangat terpukul, MR.F berpesan kepada semua Staf “Jangan buka pintu dulu kalau masalah ini belum selesai”.

Akhirnya setelah masalah tersebut selesai kurang lebih pada pukul 13:30 WIB, Fans JKT48 pun mulai mengisi posisinya masing-masing. Keterlambatan Waktu ini sebenarnya untuk menunjang kenyamanan para fans dalam menyaksikan konser tersebut.

Dan waktu yang ditunggu-tunggu oleh para fans JKT48 pun tiba, Konser tersebut dimulai dengan sangat meriah. Pada awal konser semua rencana yang telah disiapkan oleh JKT48 Operational Team pun berjalan sesuai rencana, namun kejadian yang yang diinginkan kembali terjadi pada pertengahan konser, tiba-tiba masalah yang sebelumnya telah terjadi pada saat GR tadi terulang kembali pada pertengahan konser itu, soundnya kembali mengalami masalah pada beberapa lagu yang sedang ditampilkan oleh beberapa member JKT48.

Saat itu semua yang sedang berada di FOH dan di Backstage pun merasa sangat kebingungan dengan masalah ini. Entahlah.. Saya tidak tahu apa yang mereka bicarakan pada saat ada masalah tersebut soalnya saya bukan orang sound :D. Menurut saya pribadi, saat masalah itu terjadi secara berulang-ulang, saya menyaksikan kekecewaan para fans JKT48 yang hadir dalam konser tersebut. Seketika sorakan semangat fans seolah semakin meredup, namun yang saya lihat ketika setelah Encore semua terkendali seperti biasa dan itu membuat saya merasa senang namun sedikit kecewa dengan masalah sound tadi.

Konser Show1 pun berakhir—-

JKT48 operational team pun segera mencari solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah tersebut, dan pada waktu jeda sebelum konser Show2 dimulai mereka yang tergabung dalam penanggung jawab sound pun bertindak sekuat tenaga agar masalah tersebut tidak terulang pada saat show2 nanti.

Disaat saya berada di FOH saya melihat kearah MR.F , dan saya lihat raut wajah kekecewaan yang sangat mendalam, saya yakin dia merasa sangat gagal pada show1 tersebut.
Setelah semuanya terkendali akhinya tiba juga waktu istirahat sebentar untuk makan-makan, tidak sengaja pada saat saya melewati backstage, beberapa member terlihat sangat sedih akan kejadian tersebut dan juga tentang kelulusan 3 member JKT48 juga.

[singkat cerita <> kesimpulan]

Kesimpulan yang bisa saya ambil dari masalah ini, walaupun tidak banyak tapi setidaknya bisa kita maklumi bersama, Sebenarnya JOT itu sudah bekerja semaksimal mungkin yang ia bisa, namanya manusia pasti punya kelemahan, banyak fans yang beranggapan “JOT bisanya cuma makan duit hasil kerja keras member”, “JOT pamer paha member biar dapet duit”, “JOT gak pernah mikirin member”, “JOT gak pernah kasihan sama member”, “JOT bisanya cuma nyiksa member” ..
Menurut saya semua itu merupakan sindiran konyol para fans yang belum bisa berfikir lebih dewasa, JOT itu bekerja siang malam untuk menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan member pada saat dipangung, banyak sekali hal yang jot lakukan semata hanya untuk keperluan member dan untuk kenyamanan fans, disaat member beristirahat dirumah, banyak dari JOT yang lebih memilih beristirahat dilokasi dikarenakan banyak hal-hal yang masih perlu dibenahi, bahkan banyak juga JOT yang bergadang demi konser tersebut.

Jadi janganlah kita menghina JOT, tolong berfikir lebih dewasa 😀
dalam sebuah kata ^JKT48^ itu terdapat ada 3 peran ..

1. Member
Disini member bekerja sebagai pemeran utama, mereka sebagai artis,
mereka sudah mempunyai tugasnya masing masing. Begitu pula dengan peran ke [2]

2. JOT
Jika peran pertama tidak support dari peran ke 2, maka
percuma juga kan?? Siapa yang akan mengatur jadwal show, theater, ngurus tiket, management public. Ok.

3. FANS
^Mungkin saya termasuk ke dalam peran ke3 😀
tanpa adanya fans semua gak bakal berarti

^^^^^^Jadi semuanya memiliki tugasnya masing, dan semuanya saling mengikat, jika ada 1 elemen yang hilang, sayonara~~^^^^^^

Pic: @officialJKT48
Narasumber: @Chipoyripsn

comments with facebook

About Admin JKT48FC

Fans Club of JKT48. Follow us to know more information about JKT48.

Check Also

[Editorial] Senbatsu Sousenkyo JKT48 Sejauh Ini – 6 Member dengan Cerita

Tahun ini adalah kali ketiga senbatsu sousenkyo JKT48 dilaksanakan semenjak dimulai pertama kali di tahun …