Sunday, 4 December, 2016
Home » JKT48 News » Pengetahuan Dasar AKB48

Pengetahuan Dasar AKB48

 
Hanya ingin memberi sedikit pengetahuan untuk non-fans AKB, dan para pendatang baru, agar tidak salah paham atau salah kaprah mengenai grup idola nomor 1 di Jepang ini.. hanya ingin sekedar membagikan pengetahuan, mengingat kini sister group mereka telah ada di Indonesia, yaitu JKT48. Selain itu, artikel ini pun akan sangat berguna bagi orang yang ingin mengetahui lebih banyak tentang AKB48 dan sister group mereka, atau para pendatang baru yang belum tahu dimana harus memulai.

Idols You Can Meet!

AKB48 diambil dari nama daerah AKihaBara di Jepang, adalah sebuah grup idola yang dibentuk oleh seorang pencipta lirik bernama Yasushi Akimoto (biasa dipanggil Yasusu, atau Aki-p) pada tahun 2005. Dengan konsep “idols you can meet” atau “idola yang bisa kamu temui”. Maksudnya apa itu “idols you can meet”?“Handshake Event” dimana kamu bisa bersalaman dengan member AKB, atau kamu bisa datang ke teater mereka di Akihabara, Jepang, menonton pertunjukan mereka yang diadakan hampir setiap hari, lalu ber-“Hi-Five” dengan para member usai pertunjukan. Begini, pernahkah kamu bermimpi untuk bisa bertemu dan bersalaman dengan idola-idola seperti Justin Beiber, Lady Gaga, dan lain sebagainya? Tentu hal itu akan sangat sukar untuk diwujudkan bukan? Maka, lain hal-ya dengan AKB48. Mereka adalah grup idola yang benar-benar bisa kamu temui, dan bisa kamu ajak bersalaman.  dan berinteraksi langsung dengan Hi-Five usah menonton show mereka. 
“Idols you can meet” inilah yang menjadi nilai jual AKB, dimana hubungan antara idola dengan para penggemarnya terjalin erat. Para penggemar bisa melihat idola favorit mereka bertumbuh menjadi seorang bintang. Karena itulah sering ada istilah “bertumbuh bersama para fans”.

Sister Group (48Family)

Setelah sukses dengan project AKB48, Aki-p pun membentuk sister group lain dibagian lain Jepang. SKE48, NMB48 (Namba, Osaka), SDN48 (Saturday Night, berkonsep “adult idol” atau idola dewasa), HKT48 (Hakata, Fukuoka), dan grup pertama di luar Jepang, JKT48 (Jakarta, Indonesia). Selanjutnya akan ada sister group ke-2 yang berada di luar Jepang, yaitu di Shanghai, China. (Sakae, Nagoya),

Yasushi Akimoto (Akip)

 
 
Sang pencipta lirik. Pernah menjadi penulis di bidang penyiaran saat SMA, dan sejak itu, ia telah memproduksi banyak acara populer, seperti ”The Best Ten”. Pada tahun 1983, ia menulis lirik untuk lagu Hibari Misora yang berjudul ”Kawa no Nagare no Youni dan dilanjutkan dengan mencetak hit besar Mika Nakashima yang berjudul ”Will Exile” dengan ”Exit” dan JERO dengan”Umiyuki”. Pada tahun 1991 ia menjadi sutradara film ”Goodbye Mama” yang menampilkan Keiko Matsuzaka. Ia juga berpartisipasi dalam memproduksi film ”Chakushin Ari (One Missed Call)” dan ”Densen Uta”. Di bulan Mei 2005, ia terpilih sebagai profesor di Kyoto University of Art and Design. Kemudian, pada April 2007, ia menjadi rektor di universitas tersebut.
Ia telah memproduksi berbagai acara televisi, seperti ”Oshare-ism”, ”Utaban”, ”Tonnels no Minasan no Okagedeshita” dan juga memiliki acara radio “Yasushi Akimoto’s Mature Style” yang disiarkan di Tokyo FM. Namanya sering ditulis di banyak media, seperti majalah dan koran. Pada musim gugur tahun 2007, novel ”Zou no Senaka” diangkat menjadi kartun Jepang oleh Pony Canyon dan komik oleh penerbit Kobunsha. Kedua karya tersebut menjadi perbincangan hangat di mana-mana.

Idol Group dan Girlband itu Berbeda

Jangan pernah samakan “Idol Group” dengan “Girlband” karena mereka adalah dua hal yang jelas berbeda. Saya beri perumpamaan, “IDOL GROUP” adalah sebuah grup yang dibuat untuk anggotanya, sementara “GIRLBAND” adalah grup yang dibuat oleh anggotanya.
Member AKB tidak akan selamanya berada di AKB, mereka akan “graduate” suatuhari nanti, jika dianggap sudah siap untuk bersolo karier. Tapi, ada juga yang “graduate” karena melanggar Rules48, atau karena ingin melanjutkan sekolah, dan lain sebagainya.

48 itu Bukan Jumlah Anggotanya

Angka 48 di belakang AKB selalu disalah artikan oleh orang awam sebagai jumlah anggota AKB48. Padahal kenyataannya, anggota AKB itu lebih dari 48 orang, dan sudah mencapai ratusan (dengan sister group). Angka 48 itu sebenarnya adalah diambil dari nama boss management OFFICE48, Shiba Kotaro (4 = Shi, 8 = Ba).

Pembagian Team A

Para anggota dipilih melalui audisi di seluruh Jepang (di berbagai daerah) dan sampai saat ini sudah menjadi satu grup yang terdiri atas empat tim (Tim A, Tim K, dan Tim B masing-masing 16 anggota, serta Tim 4 dengan 11 anggota).

Senbatsu dan Kenkyuusei

 
 
Senbatsu adalah sebutan untuk anggota terpilih yang dianggap mewakili AKB secara keseluruhan. Mereka adalah anggota yang masuk dalam perilisan single terbaru. Pemilihan Senbatsu atau yang biasa disebut dengan “Senbatsu Sousenkyo” diadakan setiap satu tahun sekali.
Kenkyuusei adalah sebutan untuk “research student” atau anggota yang masih dalam tahap pelatihan sebelum mereka masuk kedalam team.

Absolute Center dan Captain de Facto

Atsuko Maeda (Acchan)
 
Takahashi Minami (Takamina)
 
 
Kalau sudah kenal dengan AKB, jangan sampai anda melewatkan kedua orang penting ini. Maeda Atsuko, dikenal sebagai “Absolute Center” dan “Face of AKB”, ia adalah anggota AKB generasi pertama yang berjuang bersama member senior lainnya hingga AKB48 bisa dikenal seperti sekarang. Maeda Atsuko juga selalu berpartisipasi setiap peluncuran single, ia menduduki peringkat 1 dalam Senbatsu Sousenkyo pada tahun 2009 dan 2011, dan akhirnya mengumumkan bahwa dirinya akan graduate dari AKB48 pada Maret 2012.
Takahashi Minami, dikenal sebagai Kapten Team A, dan “Captain de Facto” dari AKB dan seluruh sister group 48Family. Sama seperti Acchan, Takamina juga merupakan anggota generasi pertama. Ia adalah salah satu anggota yang paling dihormati di AKB, karena jiwa pemimpin yang dimilikinya. Bahkan member paling senior di AKB48, Shinoda Mariko (Team A, 26 tahun) juga sangat respek pada kedua member ini.
Dan belum lama ini telah diadakan senbatsu sounsenkyo 2012 dengan menghasilkan vote sebagai berikut:
  1.  Oshima Yuko – AKB48 Team K– 108837 Votes
  2. Watanabe Mayu – AKB48 Team B– 75574 Votes
  3. Kashiwagi Yuki – AKB48 Team B– 71076 Votes
  4. Sashihara Rino – AKB48 Team A– 67339 Votes
  5. Shinoda Mariko – AKB48 Team A– 67017 Votes
  6. Takahashi Minami – AKB48 Team A– 65480 Votes
  7. Kojima Haruna – AKB48 Team A– 54483 Votes
  8. Itano Tomomi – AKB48 Team K– 50483 Votes
  9. Matsui Jurina – SKE48 Team S(AKB48 Team K) – 45747 Votes
  10. Matsui Rena – SKE48 Team S– 42030 Votes
  11. Miyazawa Sae – AKB48 Team K– 40261 Votes
  12. Kasai Tomomi – AKB48 Team B–27005 Votes
  13. Kitahara Rie – AKB48 Team B– 26531 Votes
  14. Minegishi Minami – AKB48 Team K– 26038 Votes
  15. Yokoyama Yui – AKB48 Team K– 25541Votes
  16. Umeda Ayaka – AKB48 Team K– 24522Votes

Teater dan Stage

AKB48 adalah grup yang berbasis teater. Mereka memiliki sebuah teater eksklusif tempat mereka melangsungkan pertunjukan hampir setiap hari. Teater AKB terletak di Akihabara, Tokyo, Jepang, dan teater mereka bernama AKIHABARA48 Theater. Disanalah para member selalu berkumpul setiap pagi untuk latihan, dan persiapan pertunjukan.
Dalam setiap penampilan di teater, mereka akan mebawakan susunan lagu-lagu khusus, yang disebut dengan “Stage”. Stage ini akan ditampilkan dalam jangka waktu tertentu, seperti film di bioskop. Setiap Team punya Stage-nya sendiri-sendiri. Dan lagunya pun berbeda dengan tim yang lain.
CONTOH: Saya kasih contoh pengandaian, katakanlah ada Stage J-1, isinya: lagu A, lagu B, lagu C, lagu D, lagu E. Nah selama jadwal di teaternya tertulis hari itu akan dipentaskan Stage J-1, maka yg kalian tonton di teater akan selalu lagu A-E, biarpun kalian datang beda hari nontonnya lagunya diulang-ulang itu lagi. Analogi lebih gampang lagi, anggap saja teater itu bioskop, selama di papan jadwalnya adalah film AAA maka kalian datang dapetnya ya nonton film tersebut. Nah, satu Stage ini biasanya dikasih waktu berjalan beberapa bulan (pada kondisi normal), baru setelahnya diganti menjadi Stage J-2 dengan setlist lagu yg baru.

Lagu Mereka Berjumlah 500 Lebih

Semua lagu yang dinyanyikan oleh AKB48 dan sister group-nya sudah berjumlah lebih dari 500 lagu, dan semua adalah karya dari Yasushi Akimoto. Selain itu, lagu-lagu AKB bukan sekedar lagu monotone, seperti lagu-lagu girlband. Lagu mereka multi-gendre, dengan tema lirik yang berfariasi pula. Karena itu, jangan hanya melihat AKB48 dari “Heavy Rotation” saja. Lalu, apa lagu yang sebaiknya di-rekomendasi untuk pemula?

Biasanya lagu yang direkomendasikan (selain Heavy Rotation) untuk pemula adalah:
  • Beginner
  • Kaze wa Fuiteiru
  • Iwake Maybe
  • River
  • Everyday Kachuusha
  • Flying Get
  • Kimi no Koto ga Suki Dakara
  • Give Me Five
  • Ponytail to Shushu
  • Chance no Junban
  • Sakura no Ki ni Narō
  • Oogoe Diamond
  • Manatsu no Sounds Good!
  • Gingham Check
  • Uza
  • Koisuru Fortune Cookie

 

Kostum Mereka Bukan Kostum Biasa

 
 
AKB48 menyanyikan “Heavy Rotation dengan kostum khusus pada salah satu acara.

Ini adalah hal yang paling saya suka dari AKB. Setiap lagu AKB, memiliki kostum mereka sendiri-sendiri, jadi kalau menyanyikan lagu tertentu, maka personil AKB akan berganti kostum dengan kostum yang memang dibuat khusus untuk lagu tersebut. Dan kostum itu nantinya juga akan dikenakan oleh adik-adik mereka bila menyanyikan lagu yang sama.

Wota, Mix, dan Overture

Wota (ヲタ) adalah sebutan untuk para Idol Otaku. Asal katanya dari “OTAKU”, tapi karena mereka ingin membuat perbedaan dengan Otaku biasa, mereka mengubahnya menjadi Wota . Wota ini adalah sebutan untuk fans-fans yang memiliki dedikasi tinggi pada idola mereka. Tapi, jangan sekali-sekali memanggil mereka dengan sebutan “Wota”, karena sebenarnya itu bukan hal yang bagus di Jepang.
Wotagei (ヲタ芸) / MIX adalah tarian atau gerakan dan teriakan-teriakan yang biasa terdengar pada konser-konser idol. Namun, khusus untuk franchise 48, mereka memiliki wotagei khusus yang diteriakan pada saat Overture (instrumental pembukaan konser) dimainkan, atau ditengah jeda lagu. Biasanya wotagei memiliki beberapa MIX (variasi kata-kata atau kalimat), namun bagi pemula bisa mengikuti versi standart yang seperti ini:

“Hai! hai! hai! hai! hai! hai! ahhhhhh hai! hai! haihaihaihai! Tiger, Fire, Cyber, Fiber, Diver, Viber, Jya Jya!!! Torah, Hii, Jinzou, Sen-ii, Ama, Shindou, Kasentobijokyo!!! Chape, Ape, Kara, Kira, Rara, Tusuke, Moyhontusuke!!! X! X! X! fourty eight! soresoresoresore!”

contoh video Chant Mix Overture 

NOTE: (huruf “X” yang digaris bawahi, dirubah sesuai dengan sister group yang tampil)

 

Siapa Member Favoritmu?

Setiap fans AKB48 dan sister groupnya, tentunya memiliki member favorit mereka masing-masing. Member favorit ini biasanya disebut dengan “Oshimen” (Oshi = mendukung, Men dari ‘Membaa’ atau Member). Oshimen ini bukan hanya member yang kita suka saja, tapi member yang kita dukung untuk bisa menjadi seorang bintang. Ada orang yang memiliki Oshimen lebih dari satu (yang tentunya dari grup yang berbeda, karena memiliki Oshimen lebih dari satu dalam grup yang sama dianggap bukanlah hal yang baik) maka Oshimen yang utama disebut dengan “Kami-Oshi” ( “Kami” dari kata “Kamisama” atau berarti Dewa).
Contoh: Oshimen saya di AKB48 adalah Maeda Atsuko, Oshimen di SKE48 adalah Matsui Rena, dan Oshimen di JKT48 adalah Ghaida. Tapi “Kami-Oshi” saya adalah Maeda Atsuko. Maka bila diadakan Senbatsu Sousenkyo saya akan memilik Kami-Oshi saya, dan akan lebih mementingkan Kami-Oshi saya sebelum Oshimen yang lain.
Sementara itu, “Oshihen” adalah sebutan untuk mengganti Oshimen mereka. 

***

 

comments with facebook

About Admin JKT48FC

Fans Club of JKT48. Follow us to know more information about JKT48.

Check Also

1f

[Editorial] Senbatsu Sousenkyo JKT48 Sejauh Ini – 6 Member dengan Cerita

Tahun ini adalah kali ketiga senbatsu sousenkyo JKT48 dilaksanakan semenjak dimulai pertama kali di tahun …