Thursday, 23 February, 2017
Home » JKT48 News » Editorial » Pojok Sousenkyo 2015: Tahun Inikah Saatnya Menjadi yang Terbaik?

Pojok Sousenkyo 2015: Tahun Inikah Saatnya Menjadi yang Terbaik?

– Beby Chaesara sang Dancing Machine

Di JKT48, sejauh ini hanya ada 2 member yang selalu berhasil ‘didorong’ oleh para fansnya di setiap event voting yang pernah digelar. Kedua member itu adalah Haruka Nakagawa dan Beby Chaesara Anadilla.

Yap, Beby adalah salah satu member dengan fanbase yang ‘paling konsisten’ dalam urusan menggolkan oshinya di event voting (dalam hal ini setara dengan fanbase Haruka). Akan tetapi bukan hanya konsisten, fanbase Beby juga menunjukkan perkembangan yang signifikan dalam hal kekuatan voting. Semakin ke sini, kekuatan fanbase Beby semakin menjadi-jadi.

Fansnya seakan-akan berbicara, bahwa suatu saat nanti mereka akan mampu mengantarkan Beby menjadi yang terbaik, walau usaha tersebut butuh proses dan waktu.

Apakah tahun ini adalah tahun dimana Beby akan menjadi yang terbaik? Ataukah Beby masih harus menunggu tahun demi tahun hingga hal itu terjadi?

– Track Record yang Mumpuni –

Beby Chaesara (foto: JKT48FC)
Beby Chaesara (foto: JKT48FC)

Beby bukanlah member biasa di JKT48. Dia termasuk dalam jajaran frontgirls JKT48 yang telah mengantongi 6 senbatsu dari 8 single dimana senbatsunya merupakan pilihan manajemen (single Gingham Check dikeluarkan dari hitungan karena merupakan single hasil sousenkyo). Kondisi ini setara dengan Dhike yang juga sama-sama telah menjadi senbatsu 6 kali dari 8 kesempatan yang ada. Kalau pun mau dibandingkan, Beby juga sejajar dengan Aki Takajo yang telah menjadi senbatsu 3 kali dari 4 kesempatan yang ada, ketiganya sama-sama memiliki rasio 75% senbatsu.

Bukan hanya itu, Beby juga terpilih menjadi center dari lagu Hanikami Lollypop, satu-satunya lagu undergirls yang memiliki MV, di saat namanya menghilang dari daftar senbatsu Flying Get.

Kalau mau bicara jujur, walau bukan pilihan pertama dalam hal senbatsu, manajemen masih menganggap Beby bukan sekedar member biasa. Dia adalah salah satu calon ace masa depan JKT48 dari generasi bersama dengan Nabilah dan Shanju.

Walau Beby telah cukup banyak tampil sebagai senbatsu di single-single JKT48 dan sudah memiliki posisi frontgirls, Beby boleh berbangga bahwa fansnya tidak pernah terlena dengan keadaan tersebut. Mereka selalu garang dan kompetitif di setiap event voting yang pernah diikuti Beby. Memiliki basis fans yang kuat adalah salah satu syarat utama untuk menjadi yang terbaik di JKT48, Beby punya potensi itu, walau belum benar-benar matang.

– 2013: Pajama Drive Revival Show 2013 dan Senbatsu Kalender 2014 –

Beby Chaesara (foto: JKT48FC)
Beby Chaesara (foto: JKT48FC)

Tahun 2013 merupakan awal perjuangan bagi Beby dan fansnya. Beby sukses menjadi senbatsu dari unit song ‘Pajama Drive’ bersama dengan partner koalisinya, Cindy Yuvia, dan pecahan dari koalisi seberang yang pada waktu itu bukanlah siapa-siapa, Jennifer Hanna. Sayangnya, salah satu partner koalisinya waktu, Cindy Gulla, ‘terlempar’ dari daftar senbatsu dan harus puas menjadi back dancer.

Kemenangan Beby ini dianggap tidak terlalu wah pada waktu itu karena Beby berkoalisi dengan 2 member yang (dianggap waktu itu) punya kekuatan voting besar.

Fanbase Beby kemudian menjawab pendapat tersebut dengan menggolkannya kembali di senbatsu kalender 2014, walau posisinya waktu itu tidak terlalu tinggi. Beby hanya memperoleh 2912 suara (0,52x suara Haruka yang ada di nomor 1) dan bertengger di posisi 10. Setidaknya, fansnya membuktikan bahwa mereka bisa menang bukan hanya karena koalisi, tetapi juga karena kemampuan sendiri.

Hasil Senbatsu Kalender 2014

– 2014: PDRS Season 2, Senbatsu Gingham Check, dan Senbatsu Kalender 2015 –

Momentum tersebut kembali berlanjut di tahun 2014. Meski sempat bingung dengan koalisi yang ada (fanbase Haruka sudah terlanjur berkoalisi dengan fanbase Beby, padahal Haruka ingin berkoalisi dengan Ayana), fans Beby menunjukkan bahwa kali ini mereka tetap bisa melaju mantap di tengah carut marutnya koalisi yang ada. Berada di urutan kedua, Beby berhasil menemani Haruka di unit song Temodemo no Namida.

Kemenangan Beby di PDRS season 2 menunjukkan fansnya sudah cukup kuat untuk berdiri sendiri dan hal itu kembali ditunjukkan di senbatsu sousenkyo single ke-6 tahun lalu, Mereka berhasil tengger-kan nama Beby di posisi 5 dengan hanya selisih 2500-an suara dengan Melody.

Tidak berhenti sampai di situ, fans Beby seakan ingin menunjukkan bahwa mereka tidak akan cepat puas dan berhenti berkembang. Beby kembali masuk ke dalam senbatsu kalender 2015 di posisi 5 dengan selisih 2000-an suara dengan Dhike.

Konsisten dan terus berkembang. Sampai sejauh manakah konsistensi ini bisa terjaga dan berkembang?

– 2015: Ratu Senbatsu Sousenkyo? –

Persaingan untuk Beby bukanlah persaingan untuk memperebutkan posisi senbatsu lagi. Modal yang dimiliki oleh Beby sudah cukup untuk melangkah lebih tinggi lagi: memperebutkan posisi tertinggi dari event kali ini, posisi center dari single ke-10 JKT48, dan menjadi yang terbaik.

Melihat konsistensi dan perkembangan fans Beby, bukan tidak mungkin Beby mampu menjadi ratu di sousenkyo tahun ini. Beby adalah salah satu kandidat untuk memperebutkan posisi puncak bersama dengan beberapa nama yang sudah lebih dahulu diperhitungkan di papan atas.

Jangan takut untuk membantu Beby menggapai impiannya menjadi yang terbaik tahun ini, sebab cita-cita Beby adalah menjadikan JKT48 go internasional sehingga bisa melakukan tur keliling dunia, seperti yang tertulis di Official Guide Book JKT48 Vol 2. Sebuah perjalanan yang nampaknya masih panjang.

Menjadi yang terbaik di JKT48 bukan lah pencapaian akhir Beby di JKT48, dia masih punya cita-cita yang lebih besar lagi. Ini hanya satu anak tangga untuk naik ke tingkat yang lebih tinggi.

Apakah tahun ini adalah saatnya Beby menjadi yang terbaik? Ataukah dia masih harus menunggu lagi beberapa tahun ke depan untuk menjadi yang terbaik?

 

 

baca juga Pojok Sousenkyo lainnya:

Menyelamatkan Putri yang terbuang?

Apakah jauh-jauh datang dari Neptunus hanya untuk berenang bersama bebek lainnya di empang?

 

 

comments with facebook

About Jvalz

'Idol Group Enthusiast'. Menulis untuk menuangkan pemikiran.

Check Also

Member JKT48 Foto bersama setelah konser "Wayahe Suroboyo, Rek!"

Sister Group SBY48? Sepertinya Tidak Perlu

  Mulai tahun ini, fans JKT48 di Surabaya akan dimanjakan dengan gebrakan baru dari manajemen …