Monday, 5 December, 2016
Home » JKT48 News » Editorial » Pola Senbatsu ala JKT48

Pola Senbatsu ala JKT48

Kata senbatsu dalam kamus 48 family mungkin sudah tak asing lagi bagi para fans nya, Senbatsu biasa diartikan dengan daftar member terpilih yang berhak membawakan single, pemilihan untuk event tertentu, atau juga pemilihan pada project yang di garap oleh official JKT48.

Pemilihan senbatsu di dasarkan oleh beberapa hal, Senbatsu yang dipilih oleh manajemen secara langsung mempertimbangkan kualitas para member saat mereka berlatih menari, latihan fisik, latihan menyanyi, dan juga dari sikap mereka sebagai seorang idola.
Selanjutnya, ada pula pemilihan Senbatsu dengan cara dipilih langsung oleh fans atau biasa disebut Senbatsu Sousenkyo. Dalam pemilihan ini, fans dengan leluasa menentukan siapa-siapa saja yang bisa menjadi senbatsu, Sousenkyo ini biasa dilakukan dengan cara voting. Fans dapat mendukung oshimen mereka masing-masing untuk dapat mengisi kursi senbatsu. Seperti pada Senbatsu Sousenkyo JKT48 untuk Single Gingham Check tahun lalu, Pajama Drive Revival Show 1, Pajama Drive Revival Show 2, hingga event Kalendar Senbatsu. Pemilihan ini mungkin sangat menguntungkan bagi member yang memiliki banyak fans yang loyal mendukungnya

Sedangkan, Sister Group 48 lainnya pernah menggunakan metode pemilihan Senbatsu dengan Janken Tournament, yaitu pemilihan Senbatsu menggunakan Janken (suit dalam Jepang) Siapa yang memenangkan tournament ini, maka ialah center untuk single yang akan dibawakan.

BroI8wRCQAEtAWG

Seperti yang telah kita ketahui hingga saat ini, JKT48 telah memiliki 8 single andalan mereka, dari semua single tersebut sebanyak  7 kali  Senbatsu dipilih oleh manajemen dan 1 kali dengan Senbatsu Sousenkyo atau dipilih langsung oleh fans. Kemarin (28/01) pada Handshake Event Single Ke-8 JKT48 “Kaze Wa Fuiteru” diumumkan pula Senbatsu untuk Single ke-9 JKT48.

Menilik nama-nama di deretan senbatsu single ke-9 ini sudah tak asing lagi. Seperti biasa, dominasi Team J mengisi slot senbatsu kali ini.

Dari banyaknya member yang bernaung di bawah nama JKT48, hanya 16 orang yang berhak membawakan setiap Single terbaru dari JKT48.

Uniknya, senbatsu ini dari tiap single ke single selalu memiliki nama-nama yang sudah tak asing lagi di posisi Senbatsu seakan mendominasi setiap Sousenkyo di JKT48, Nama-nama seperti Nabilah, Melody, Haruka, Naomi, Viny dan Yupi pun masih mendominasi sebagai Senbatsu, ditambah member-member dari Team T kini mendapat spot sebagai senbatsu walau hanya dalam porsi yang sangat sedikit. Andalan dari generasi ketiga seperti Andela dan Michelle pun maju dalam bursa senbatsu kali ini. Sebaliknya beberapa member harus bersabar dan berlatih lebih keras lagi untuk mengisi deretan nama Senbatsu.
Sampai saat ini, dari 16 nama yang mengisi posisi Senbatsu, rata-rata setengahnya diisi oleh nama-nama yang berasal dari Team J, sedangkan sisanya harus diperebutkan oleh member dari Team KIII, Team T dan Trainee.

Adalah Frieska yang dari awal JKT48 dibentuk hingga saat ini belum memiliki kesempatan untuk menyicipi posisi Senbatsu. Berbanding terbalik dengan sang Kakak yang hampir mengisi posisi Senbatsu di semua single.
Begitu pula dengan nama-nama seperti Delima, Sonia, Rachel, Shafa, Novinta, Saktia yang jarang sekali mendapatkan kesempatan sebagai Senbatsu.

Lalu, bagaimanakah peluang untuk member-member lain yang jarang menyicipi posisi sebagai Senbatsu? Jika memang mereka belum sukses untuk memikat hati manajemen di tiap single terbarunya, mereka masih punya kesempatan di Senbatsu Soesenkyo, Dimana peran serta fans sangat dibutuhkan disini.

comments with facebook

About Rhena Indria H

Check Also

Member JKT48 Foto bersama setelah konser "Wayahe Suroboyo, Rek!"

Sister Group SBY48? Sepertinya Tidak Perlu

  Mulai tahun ini, fans JKT48 di Surabaya akan dimanjakan dengan gebrakan baru dari manajemen …