Saturday, 3 December, 2016
Home » JKT48 News » Editorial » Project Bersama Fans #KiboutekiJKT48onRadio

Project Bersama Fans #KiboutekiJKT48onRadio

#KiboutekiJKT48onRadio

Hai fans JKT48, sudah lama yah rasanya kita tidak bergerak bersama lagi seperti sewaktu memenangkan JKT48 di Nickelodeon Kids Choice Award kemarin. Rasanya benar-benar menyenangkan yah ketika kita sudah berusaha keras bersama & akhirnya mampu mengantarkan idola kita memenangkan nominasi “Favorite Asian Act”.

Bagaimana kalau kita bergerak bersama lagi? 🙂

JKT48Fans mengajak kawan-kawan semua untuk bergerak bersama dalam project yang diberi nama #KiboutekiJKT48onRadio.

IMG_6085

Apa sih project #KiboutekiJKT48onRadio itu? Simpelnya, kita akan bersama-sama me-request single terbaru JKT48, “Refrain Penuh harapan (Kibouteki Refrain)”, ke beberapa radio tertentu di sejumlah kota besar untuk memutarkan single sousenkyo tersebut. Request ini akan kita lakukan setiap hari (pada jam-jam tertentu) selama 2 minggu setelah single “Refrain Penuh Harapan” dirilis di teater pada tanggal 27 Mei 2015 melalui twitter, SMS, ataupun telepon ke radio-radio target. Kalian bebas memilih metode mana yang paling kalian suka dalam me-request, feel free to choose. 😀

Akan tetapi ingat yah kawan-kawan, kita hanya bisa me-request, bukan memaksa pihak radio untuk harus memutarkan lagu dari idola kesayangan kita. Oleh sebab itu, ada sejumlah himbauan yang kami harapkan kalian patuhi ketika menjalakan project #KiboutekiJKT48onRadio:

  1. Mohon gunakan kata-kata yang sopan yah. Oshi kita kan ga pernah ngomong kasar, jadi janganlah kita menggunakan kata-kata yang kasar ketika me-request ke radio-radio,
  2. Mohon jangan menyinggung hal-hal yang berhubungan dengan SARA dalam request kita ke radio,
  3. Kalian boleh aja menambahkan foto atau animasi yang lucu dalam mention kalian (kalau kalian menjalankan project menggunakan twitter), tetapi mohon hindari gambar-gambar yang tidak pantas, tidak senonoh, atau bersifat salkus,
  4. Request hanya ditujukan kepada radio-radio target pada jam-jam dimana radio tersebut membuka kesempatan para pendengarnya untuk merequest lagu. Hal ini kita lakukan agar pihak radio tidak muak dengan request dari kita pada saat acaranya tidak bisa membuka kesempatan request lagu.
  5. Apabila pihak radio tidak mau memutarkan lagu yang kita request atau menggantinya dengan lagu lain dari JKT48, kita jangan marah dan merengek, sebaliknya kita harus berterima kasih kepada pihak radio bahwa mereka sudah mau mendengarkan request kita. Ingat ya kawan, kita hanya bisa merequest, tapi tidak bisa memaksa mereka memutarkan lagu yang kita inginkan, 🙂
  6. Mohon melakukan request ke radio yang sering/pernah memutarkan lagu JKT48. Tidak semua radio memiliki target audiens fans JKT48, sehingga belum tentu mereka bisa memutarkan request kita walaupun sudah di-‘bombardir’ berhari-hari. Akan jauh lebih baik kalau peluru itu ditembakkan ke target yang tepat sasaran daripada dibuang percuma begitu saja tanpa hasil. Bagaimana caranya agar kita tahu bahwa radio tersebut memiliki target audiens fans JKT48? Cukup kita coba dengarkan radio tersebut, pernahkah mereka memutarkan lagu JKT48? Kalau pernah, radio itu punya target audiens fans JKT48 dan bisa kita masukkan dalam project.

Apabila kalian memutuskan melakukan request ke radio-radio melalui mention twitter, kami mohon agar kalian memasukkan elemen: “Refrain Penuh Harapan”, @OfficialJKT48, dan #KiboutekiJKT48onRadio ke dalam setiap mention kalian. Isinya bebas asal mengikuti himbauan di atas.

Contohnya bisa seperti dua tweet berikut:

Contoh tweet #1
Contoh tweet #2

Nah, apabila pihak radio sudah memutarkan single yang kita request (Refrain Penuh Harapan). Kalian boleh mengendurkan request kalian ke radio pada waktu itu dan memulai lagi besok dengan semangat yang sama. Jangan lupa untuk memberikan terima kasih kepada pihak radio apabila mereka sudah memutarkan request kita:

Contoh tweet terima kasih

Wajib yah ngetweet terima kasih. Hehe.. Sebaiknya kita tetap mengucapkan terima kasih ke pihak radio, sekalipun mereka memutarkan single JKT48 selain ‘Refrain Penuh Harapan”. Kalau mereka ga mau memutarkan single JKT48? Tetap saja kawan, kita tetap mengucapkan terima kasih. 🙂

Sejarah dan Perkembangan Project Bersama Ini

Awalnya, project bersama #KiboutekiJKT48OnRadio adalah ide sederhana anak-anak Kaskus JKT48 yang mereka seriusi untuk dapat terwujud. Mereka sadar bahwa request bertubi-tubi ke radio belum tentu membuat radio tersebut mau memutarkan single ‘Refrain Penuh Harapan’. Radio yang menjadi tujuan request harus punya target audiens fans JKT48 dan mereka harus punya sumber lagu legal yang bisa didapatkan dari CD original JKT48. Setelah mengumpulkan dana dan menetapkan radio target, awalnya mereka hanya bisa mensubsidi 12 CD untuk 12 radio di 6 kota yang berbeda. Memang sedikit, tapi bukan awal yang buruk untuk project mula-mula, semoga kesempatan berikutnya bisa mensubsidi lebih banyak radio lagi di lebih banyak kota di Indonesia.

JKT48FC kemudian memberikan bantuan dalam bentuk media support dan sosialiasi. Tak lama kemudian, sejumlah fanbase turut menawarkan bantuan untuk mensosialisasikan project ini. Responnya sangat positif dari fandom JKT48. 🙂

Ternyata usaha keras memang tidak mengkhianati. Pada hari perilisan single ‘Refrain penuh Harapan’, pihak Hits Record merespon JKT48FC dengan tweet suportif seperti berikut:

respon hitsrec #1
respon hitsrec #2
respon hitsrec #3

Ini adalah respon yang luar biasa berharga buat kami para fans. 🙂

Dari semula kami hanya bisa mensubsidi 12 radio (sehingga efektivitas projectnya menjadi terbatas), Hits Record membantu kami mewujudkan project ini berjalan di sebanyak-banyaknya radio di Indonesia yang memiliki target audiens fans JKT48. Mereka akan mensubsidi lagu legal ‘Refrain Penuh Harapan’ ke sebanyak-banyaknya radio yang bisa dan mau memutarkan lagu tersebut. Fans JKT48 dimana pun bisa merequest ke radio-radio kesayangan mereka tanpa ada batasan kota. Keren kan?

Kita benar-benar bisa mengumandangkan single ‘Refrain Penuh Harapan’ di seluruh nusantara, kawan. Batasannya hanya sejauh apa penyebaran fans JKT48.

Apabila radio kesayangan kalian masih belum memiliki lagu ‘Refrain Penuh Harapan’ yang legal dari Hitsrec, kalian bisa mengikuti saran Hitsrec berikut:

respon Hitsrec #4

Ide sederhana itu perlahan menjadi kenyataan. Ternyata impian memang benar-benar bisa diubah menjadi kenyataan apabila kita benar-benar berusaha yah? Semoga ini bisa menjadi pijakan tangga yang kuat agar kita dapat memijak ke anak tangga yang lebih tinggi lagi, hingga nanti kita bisa terus naik ke tingkat yang lebih tinggi.

Penutup?

So, kami butuh bantuan kalian untuk me-request radio2 tersebut single “Refrain Penuh Harapan” dari mulai tanggal 28 Mei 2015 hingga 15 Juni 2015 secara konsisten setiap hari pada jam-jam tertentu. Bisa kan kita bergerak bersama lagi di project #KiboutekiJKT48onRadio?

Kapan lagi kita punya momentum sebagus ini untuk bergerak bersama? Kapan lagi lagu JKT48 bisa sebooming seperti Heavy Rotation? Yuk, bersama turut terlibat dalam project #KiboutekiJKT48onRadio!

Kita kumandangkan single sousenkyo JKT48 tahun ini di seluruh radio-radio lokal nusantara.

comments with facebook

About Jvalz

'Idol Group Enthusiast'. Menulis untuk menuangkan pemikiran.

Check Also

Member JKT48 Foto bersama setelah konser "Wayahe Suroboyo, Rek!"

Sister Group SBY48? Sepertinya Tidak Perlu

  Mulai tahun ini, fans JKT48 di Surabaya akan dimanjakan dengan gebrakan baru dari manajemen …