Saturday, 3 December, 2016
Home » JKT48 News » Project #FansJKT48Peduli

Project #FansJKT48Peduli

Seiring dengan makin bertambahnya permintaan dari fans JKT48 untuk melakukan aksi sosial membantu para korban asap di pulau Sumatera dan kalimantan, JKT48FC memutuskan untuk memfasilitasi gerakan bersama yang diberi nama project ‘#FansJKT48Peduli’.

Adapun detail dari project ini adalah sebagai berikut:

  1. Akan dilakukan aksi penggalangan dana dari hari Rabu, 28 Oktober 2015, hingga hari Minggu, 01 November 2015.
  2. Target dari aksi ini adalah para korban asap di Pekanbaru, Riau, dan Palangkaraya, Kalimantan Tengah.
  3. Nomor rekening ‘dompet donasi’ untuk aksi kita adalah: Citibank (kode bank 031) 8013296564 a.n. Julius Valenza.
  4. Contact person untuk aksi ini adalah Viko Effendy (@vikoo77) dan Julius Valenza (@J_Valz).
  5. Setiap donasi harap diproses melalui proses transfer bank, bukti transfer harap di-tweet ke twitter @JKT48FC atau diemail ke [email protected]
  6. Donasi yang masuk akan kami rekap setiap hari di web ini.
  7. Dana yang terkumpul hingga hari Minggu, 01 November 2015 akan kami belikan [OPSI A] masker N95 atau [OPSI B] Multivitamin kompleks (Vitamin C + Zinc + Zat Besi) untuk dosis 5-10 hari (bergantung banyaknya dana yg terkumpul).
  8. OPSI A akan dijalankan apabila pada saat dana terkumpul masih ada banyak asap di Pekanbaru atau Palangkaraya, opsi B adalah bentuk ‘Post Disaster Recovery Action’ dan baru akan dilakukan apabila asap sudah mulai menghilang di sana. Menurut prediksi BMKG, akhir Oktober dan awal November sudah mulai masuk musim hujan di Pekanbaru dan Palangkaraya.
  9. Penentuan eksekusi opsi A atau opsi B akan diputuskan pada tanggal 01/02 November 2015 setelah berdiskusi dengan fanbase regional @JKT48Pekanbaru dan @JKT48_PLK. Kedua fanbase regional ini akan jadi eksekutor distribusi bantuan di kota masing-masing. Mereka yang akan menentukan kemana bantuan itu akan diberikan, bagaimana prosesnya, dan mendokumentasikannya sebagai bentuk pertanggung jawaban aksi.

Bentuk masker N95 adalah sebagai berikut:

Masker N95

Masker ini memang lebih mahal daripada surgical mask biasa yang berwarna hijau, tetapi hanya masker tipe ini yang bisa menyaring partikulat dari asap hasil kebakaran hutan gambut di Sumatera dan Kalimantan. Surgical mask biasa tidak bisa menyaring partikulat tersebut.

Update terakhir harga masker N95 merek 3M adalah Rp 230.000,- untuk 20 pcs, sementara itu untuk merek worksafe adalah Rp 125.00,- untuk 20 pcs. Worksafe adalah merek lokal, sementara 3M adalah merek internasional.

Berdasarkan data di atas, biaya yang dibutuhkan untuk membagikan 1.000 masker N95 merek 3M adalah Rp 11.500.000,- dan merek worksafe adalah Rp 6.250.000,-. Masker 3M lebih nyaman dari merek worksafe, tapi dari kemampuan menyaring partikulat tidak berbeda jauh. Pembelian merek masker akan disesuaikan dengan ketersediaan masker di pasar. Ada kemungkinan indent.

Sementara itu, ‘Post Disaster Recovery Action’ akan berfokus pada pemberian multivitamin kepada para korban asap. Multivitamin yang akan diberikan berupa:

  • Vitamin C (berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu pemulihan setelah sakit),
  • Zinc (berguna untuk memperkuat mukosa bagian atas),
  • Zat Besi/Fe (berguna untuk membantu mempercepat perbaikan hemoglobin yang rusak akibat terpapar terlalu banyak karbon monoksida dari asap).

Dosisnya akan disesuaikan untuk 5-10 hari. Perkiraan biayanya masih belum bisa kami perhitungkan karena data harga untuk masing2 multivitamin belum kami himpun.

Mari bersama kita membantu korban asap. Ini saatnya Fans JKT48 berbuat aksi sosial yang nyata. #FansJKT48Peduli

 

comments with facebook

About Jvalz

'Idol Group Enthusiast'. Menulis untuk menuangkan pemikiran.

Check Also

1f

[Editorial] Senbatsu Sousenkyo JKT48 Sejauh Ini – 6 Member dengan Cerita

Tahun ini adalah kali ketiga senbatsu sousenkyo JKT48 dilaksanakan semenjak dimulai pertama kali di tahun …