Wednesday, 22 February, 2017
Home » JKT48 News » Editorial » Seberapa Pentingkah Sosial Media bagi Para Member JKT48?

Seberapa Pentingkah Sosial Media bagi Para Member JKT48?

Sosial Media merupakan sebuah media online dengan semua penggunanya memungkinkan untuk berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi kreatifitas meliputi blog, jejaring sosial, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Sosial media bagi seorang public figure bisa jadi merupakan sebuah kebutuhan penting untuk berinteraksi bersama penggemarnya.

Begitu pula dengan JKT48. Bagi mereka Sosial media dianggap penting untuk berinteraksi bersama fans. Walaupun bentuk interaksi yang di tekankan disini sedikit berbeda dengan public figure lain. Ya, larangan untuk membalas mention twitter dari fans mereka, Walaupun pada awalnya ini dianggap hal yang aneh dan terkesan sombong, namun seiring berjalannya waktu, fans pun sedikit memaklumi kondisi dan maksud dari aturan tersebut.

JKT48 & Sosial Media

Lantas, bagaimana aktifitas member JKT48 di Sosial Media?

Berbagai tipe aktifitas member pun terlihat disini. Mulai dari member yang jarang ngetweet, member yang tweet nya hampir sama setiap harinya atau istilahnya template tweet, member yang ngetweet terus, member yang sering post G+, member yang jarang post G+ dan sebagainya.

Isi dari post mereka di Sosial Media pun beragam. Mulai dari hanya sekedar menyapa fans hingga hal-hal penuh kreatifitas lainnya. dari melakukan tanya jawab, hingga sharing hal-hal seputar perkembangan sang idol bersama fans.

Mungkin dari tingkat keaktifan member di Sosial Media, member-member yang lebih ‘junior’ dapat dikatakan lebih aktif menggunakan Sosial Media dibanding kakak ‘senior’nya. Entah pengaruh aktifitas yang lebih padat sang kakak ‘senior’, atau memang fase nya seperti sudah tersusun begitu. Diawali dengan antusiasme penuh dalam menggunakan sosial media, dan dengan seiring berjalan waktu, intensitasnya berkurang karena berbagai kesibukan.

Tapi, beberapa member dari Team J dan Team KIII pun cukup aktif di Sosial Media. Seperti Beby, Shania, Kinal, Nabilah yang sering meramaikan timeline dengan tweet-tweet hiburan khas mereka. Lidya dan Yona dengan kreatifitas mereka, membuat program bernama #K3poinOshi yang sukses menarik perhatian dari fans, Sisil yang senang menggunakan Sosial Media sebagai ajang membuat cerita-cerita fantasinya, Vienny yang akhir-akhir ini sedang asik mengajak fansnya bernostalgia lagu-lagu lama lewat program #1SongForYou dan sebagainya.

Selain berfungsi untuk berkomunikasi, Tak dapat dipungkiri bahwa Sosial Media juga dapat mereka manfaatkan sebagai sarana promosi pada waktu tertentu, seperti saat mempromosikan handshake mereka, atau pada pemilihan senbatsu-senbatsu tertentu. Sosial Media terkadang juga menjadi sarana penilaian karakter seorang idol di mata fansnya. Sosial Media juga berguna bagi fans yang ingin memberi masukan atau review seputar penampilan sang idol di atas panggung atau hanya sekedar untuk menyemangati dan menyapa sang oshimen.

Berbagai keisengan mereka pun kerap terjadi, Misalnya member yang sering stalking fansnya. Ya, nggak cuma fans saja ternyata yang kepo akan segudang aktifitas idolnya, idol juga punya kadar kepo yang sama akan apa yang dilakukan fansnya di Sosial Media. Tak jarang, jari mereka terpeleset menyentuh tombol favorite, atau bahkan mem-follow seseorang, yang dengan otomatis akan diketahui orang lain lewat fitur canggih buatan fans lewat akun @ReuploadJKT48. Entah sebuah ketidaksengajaan atau memang sengaja ‘menilang’ dan membuat fansnya kegeeran.

Bagaimanapun, Sosial Media berpengaruh terhadap hubungan antara idol dan fansnya. Utamanya fans far yang hanya bisa melihat aktifitas member hanya via Sosial Media. Sangat disayangkan memang ketika beberapa member seolah kurang aktif dalam menggunakan sosial media nya. Semoga Sosial Media bisa di manfaatkan lebih baik oleh seorang Idol bagi para fansnya dalam berinteraksi.

comments with facebook

About Rhena Indria H

Check Also

Member JKT48 Foto bersama setelah konser "Wayahe Suroboyo, Rek!"

Sister Group SBY48? Sepertinya Tidak Perlu

  Mulai tahun ini, fans JKT48 di Surabaya akan dimanjakan dengan gebrakan baru dari manajemen …