Sunday, 4 December, 2016
Home » 48World » Selepas Senbatsu Sousenkyo Berakhir

Selepas Senbatsu Sousenkyo Berakhir

Grup Idol ternama sekaligus Sister Grup JKT48 dari Jepang AKB48 baru saja menggelar pemilu akbar ke-37-nya pada Sabtu malam (07/06). Pemilu akbar kali ini menghasilkan center ‘baru’ untuk memandu ke-15 member lainnya yang terpilih masuk daftar senbatsu untuk menampilkan single terbaru AKB48 nantinya. Siapakah dia? Adalah Watanabe Mayu, member yang digadang-gadang bakal menggantikan Oshima Yuko, sebagai “The New Ace AKB48” yang menerima jubah ‘Queen of AKB48’. Namun, selepas Senbatsu Sousenkyo ke-37 ini berakhir, momen-momen apa saja yang terjadi?

  1. Lahirnya Pemenang Baru

tumblr_n6st71Z21Q1ry1jf8o1_1280

Keberhasilan Watanabe Mayu menduduki posisi center pada Senbatsu Sousenkyo kali ini akan dicatat dalam catatan sejarah AKB48. Mayuyu, panggilan Watanabe Mayu ini menjadi member keempat dalam sejarah Senbatsu Sousenkyo AKB48, setelah sebelumnya dua member AKB48 yang sudah memutuskan untuk graduate, Atsuko Maeda (Acchan) dan Oshima Yuko (Yuko), serta tak ketinggalan satu member underdog asal HKT48, Sasshihara Rino (Sasshi). Watanabe Mayu berhasil mengungguli perolehan vote dari pesaing terberatnya sekaligus calon incumbent, Sasshihara Rino dengan selisih lebih dari 9 ribu vote.

Tak cuma itu, kemenangan Mayuyu ini juga memecahkan sebuah rekor yaitu, pemenang sousenkyo dengan vote terbanyak sepanjang sejarah Senbatsu Sousenkyo dengan mendapatkan hampir 160 ribu vote. Fantastis.

  1. Kemenangan Watanabe Mayu, Bukti Belum Ada Member Yang Berhasil Menyandang Status Quo

Dengan Mayuyu yang berhasil menjadi center, tentunya mitos bahwa belum ada satupun member yang sanggup mempertahankan gelar center tetap belum terpecahkan. Calon member yang bisa menyandang status quo pada Senbatsu Sousenkyo kali ini adalah Sasshihara Rino. Namun, Sasshi harus mengakui keunggulan Mayuyu yang berhasil merebut posisinya.

Harapan Sasshi mempertahankan gelarnya sebenarnya bisa saja terjadi namun harapan hanyalah harapan, apabila tak dibarengi dengan kenyataan. Sasshi yang pada hasil perolehan vote sementara unggul jauh atas Mayuyu pada pos 1 harus gigit jari setelah pada perolehan akhir kalah vote-nya berhasil disusul oleh Mayuyu.

  1. Kejutan!

tor_502714005_1

Seperti pada senbatsu sousenkyo dan event-event sebelumnya, selalu ada kejuta-demi-kejutan yang tak bisa diprediksi sebelumnya. Dan, pada senbatsu sousenkyo kali ini juga banyak sekali kejutan yang ada. Termasuk, Mayu Watanabe yang akhirnya mengenakan jubah ‘Queen of AKB48’ juga merusak ekspektasi banyak orang karena pada hasil vote sementara yang kalah jauh atas Sasshihara Rino.

Yang paling membuat decak kagum adalah keberhasilan Ikoma Rina. Member transfer-an asal Nogizaka46 ini berhasil melambung jauh menuju peringkat 14, yang notabene satu tempat di senbatsu kali ini adalah milik dia. Banyak yang tidak tahu Ikoma Rina, karena dia baru sekali ini mengikuti sousenkyo kali ini. Pada hasil vote sementara lalu, Rina hanya duduk diposisi 56, pun tahun lalu yang enggan mendaftarkan diri.

Kejutan lain datang dari eks member JKT48, Aki Takajo yang nasibnya hamper sama seperti Ikoma Rina, yang pada hasil sementara hanya menempati peringkat 64 masih diberi kepercayaan dari fans sejatinya dengan menempati posisi akhir 26. Tak buruk, meskipun pada tahun lalu berhasil merangsek ke posisi 20.

Dan, kejutan adalah suatu sosok terpenting dalam suatu kegiatan atau peristiwa. Karena tanpa adanya kejutan, semua kegiatan hanya menghasilkan kebosanan tiada tara.

  1. Center Idaman Manajemen dan Fans Berhasil Terwujud

10388021_1464753910430342_1709127212_a

Ada yang unik dalam pergelaran Senbatsu Sousenkyo tahun ini, banyak fans yang sangat mengharapkan Watanabe Mayu bisa menduduki posisi center. Banyak yang ingin melihat Watanabe Mayu menuntaskan dendamnya Oshima Yuko pada Sasshihara Rino pada pemilu ke-37 ini. Uniknya, harapan banyak fans tersebut terwujud. Entah apa yang mendasari mengapa banyak dari mereka lebih memilih Mayuyu ketimbang sang incumbent, Sasshi.

Telisik punya telisik, Watanabe Mayu memang sudah disiapkan oleh manajemen dan dipilih oleh Oshima Yuko sebagai “The Next Ace AKB48”.

Mengapa harus Mayuyu?

Karena Mayuyu, salah satu member yang sangat cocok menjadi pengganti Yuko. Mayuyu mempunyai segalanya untuk menjadi Ace AKB48. Meski, soal kedekatan dengan fans, Mayuyu masih kalah saing dengan Sasshi, nominasi pengganti Yuko juga. Mayuyu adalah salah satu member AKB48 yang selalu masuk Senbatsu Sousenkyo di 5 pergelaran sebelum itu. Selain itu prestasi Mayuyu di Senbatsu Sousenkyo juga turut mendukung. Mayuyu tak pernah finish diluar kami-7 (7 besar) dari awal Sousenkyo ini digelar. Posisi terendahnya ditahun 2010 dan 2011, yaitu finish di pos 5.

Terlepas dari itu semua memang Mayuyu adalah sosok member yang paling bekerja keras untuk AKB48 dan apabila dia memenangkan senbatsu kali ini adalah sesuatu yang berbeda, begitu kata Matsui Rena, beberapa hari sebelum sousenkyo digelar.

Dan, memang Mayuyu adalah center idaman semuanya. Bukan hanya manajemen tapi juga semua fans. Bukan berarti tidak mendukung Sasshi sebagai pengganti Yuko sebagai ace AKB48, namun ada baiknya ace pengganti Yuko adalah member dari AKB48. Dan yang jelas masa depan AKB48 sudah ‘aman’, karena sudah mempunyai calon center pengganti Yuko (bahkan sebelum Yuko resmi graduate). Entah, Watanabe Mayu atau Sasshihara Rino, sebagai kandidat terkuat yang menggantikan sosok Yuko sebagai ace AKB48 yang baru, itu semua tergantung kehendak manajemen dan fans. Karena mereka yang menentukan.

 

  1. Persaingan Mayu Watanabe dan Sasshihara Rino Dimulai

akbingo-4th-august-1

Dengan kemenangan Mayuyu ini, otomatis dimulainya persaingan duo calon ace terbaru AKB48 yaitu Mayuyu sendiri dan kandidat terkuat lainnya yaitu, Sasshi. Kekuatan fans keduanya pun tidak diragukan lagi, Mayuyu dengan dukungan fans setianya serta kemungkinan fans Yuko beralih ke Mayuyu. Sedangkan Sashi yang didukung Fans Tiongkok dan kemungkinan fans acchan yang beralih ke Sasshi tentu menambah panasnya persaingan Mayuyu dan Sasshi menuju ‘The New Ace AKB48’.

Dan, selepas Senbatsu Sousenkyo ini berakhir tentu member yang masuk kedalam senbatsu akan menjalankan amanah yang diberikan kepadanya, serta yang belum masuk bisa terus bekerja keras agar dapat masuk pada senbatsu selanjtunya.

comments with facebook

About Mahfud

Seorang fans far idol grup lokal dengan tingkat fanatisme masih dipertanyakan. Menganut faham 'Ngidol fur Fun'. Mukim di Kebumen, Jawa Tengah. Berakun twitter: @mahfudoremi.

Check Also

Member JKT48 Foto bersama setelah konser "Wayahe Suroboyo, Rek!"

Sister Group SBY48? Sepertinya Tidak Perlu

  Mulai tahun ini, fans JKT48 di Surabaya akan dimanjakan dengan gebrakan baru dari manajemen …