Wednesday, 7 December, 2016
Home » JKT48 News » Yuk, Kita Bermain dengan Data? – Bagian 1

Yuk, Kita Bermain dengan Data? – Bagian 1

Bagian 1: Data Senbatsu dari Single Pertama Hingga Single ke-10

Pernahkah muncul pertanyaan di benak kalian, sebenarnya sudah berapa banyak member yah yang pernah menjadi senbatsu di single-single JKT48? Siapakah member yang paling sering menjadi senbatsu di JKT48?

Apakah ada member yang menjadi langganan senbatsu di tahun lalu, tetapi hilang sama sekali di tahun ini? Siapa sajakah member yang ternyata belum pernah menjadi senbatsu di single-single JKT48?

Untuk menjawab semua pertanyaan itu, hari ini JKT48FCĀ akan mengajak kalian melihat dan menganalisa sejumlah data. Tidak rumit kok, walau awalnya terlihat agak ‘njelimet’ sedikit. šŸ™‚

Akan tetapi, sebelum kita mengulik-ngulik datanya, kita akan menjelaskan terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan ‘senbatsu’, siapa tahu saja ada di antara kalian yang baru ‘berkenalan’ dengan istilah-istilah di dunia idol 48.

Apa itu Senbatsu?

Apabila diartikan secara langsung dari bahasa Jepang, senbatsu memiliki artiĀ ‘pilihan’ atau ‘terpilih’ dalam bahasa Indonesia. Ketika kata ini digabungkan dengan kata ‘member’, maknanya berkembang menjadi ‘member pilihan’ atau ‘member terpilih’, suatu ungkapan yang menggambarkan sekelompokĀ member yang dipilih untuk membawakan single utama JKT48 dan mempromosikannya ke khalayak umum.

Seiring berjalannya waktu, kata ‘senbatsu’ pada dunia idol JKT48 seakan-akan tidak terpisahkan dengan kata ‘member’, sehingga ketika kita menyebut kata ‘senbatsu’ saja kita akan langsung memahami bahwa yang dimaksud adalah ‘member terpilih/pilihan’, bukan makna kata aslinya yaitu ‘terpilih/pilihan’.

Jumlah senbatsu tidak selalu 16 orang. Single ‘Apakah Kau Melihat Mentari Senja?’ hanya memiliki 10 senbatsu, dimana single ini menjadi satu-satunya single JKT48 yang tidak memiliki formasi 16 member dalam senbatsunya.

Di JKT48, nampaknya hanya member yang sudah masuk ke dalam team yang bisa menjadi senbatsu single. Itu sebabnya lagu Heavy Rotation tidak dianggap menjadi single pertama JKT48 oleh JOT, melainkan River. Pada saat lagu Heavy Rotation dirilis dahulu, seluruh generasi 1 masih berstatus trainee dan belum menjadi bagian dari team J. Berdasarkan hal tersebut, member generasi 1 bisa berpartisipasi pada seluruh single yang pernah dikeluarkan JKT48, sementara generasi ke-2 baru bisa berpartisipasi pada single ke-2 JKT48, dan generasi ke-3 pada single ke-9 JKT48.Ā Apabila ada member berstatus trainee yang ingin menjadi senbatsu dari single JKT48, hal itu nampaknya hanya bisa terwujud melalui senbatsu sousenkyo.

Lalu, siapa sajakah yang pernah menjadi senbatsu di JKT48 mulai dari single pertama JKT48 (River) hingga single ke-10 JKT48 (Refrain Penuh Harapan)?

Senbatsu All Single

Data Senbatsu dari Single ke-1 Hingga ke-10

Berdasarkan tabel di atas, ada beberapa hal yang bisa kita lihat dan pelajari:

  • Dari 105 orang yang pernah menjadi member JKT48, sudah 36 member yang mendapat kesempatan menjadi senbatsu single.
  • 5 dari 36 member tersebut sudah tidak berada di JKT48 lagi saat artikel ini ditulis, 3 di antaranya sudah graduateĀ dan 2 di antaranya berada di AKB48.
  • Priscillia Sari Dewi adalah satu-satunya memberĀ yang memperoleh status ‘senbatsu’-nya dari senbatsu sousenkyo.
  • Seluruh member transfer dari AKB48 pernah menjadi senbatsu di JKT48.

Apa ada hal lain yang bisa kalian temukan dari tabel di atas? Beritahu JKT48FC yah via twitter atau FB comment di artikel ini. šŸ™‚

JKT48FC lalu mencoba mencari tahu, member manakah yang terbanyak menjadi senbatsu di JKT48? Apakah ada member yang selalu senbatsu pada setiap kesempatan yang dia miliki? Apakah kita punya kami-seven versi kita sendiri?

Tabel Kedua: Presentase Senbatsu untuk Tiap Member yang Pernah Menjadi Senbatsu

Data Presentase Senbatsu JKT48

Ternyata ada 6 member yang selalu terpilih (atau dipilih) menjadi senbatsu pada setiap kesempatan yang dia miliki, mereka adalah: Melody, Haruka, Nabilah, Shanju, Ve, dan Yupi.

6 Member JKT48 yang Selalu Terpilih Menjadi Senbatsu.

Kok nampaknya foto di atas familiar yah? Buat kalian yang sudah mengikuti JKT48 sejak 2011 mungkin sudah menyadarinya bahwa dahulu pernah ada julukan kami-seven kepada 7 member yang selalu menjadi senbatsu pada setiap single JKt48 (sampai single ke-5 JKT48). Sayang sekali Naomi harus keluar dari daftar ini karena dia 2x gagal menjadi senbatsu pada 2 event senbatsu sousenkyo, sehingga presentase senbatsunya melorot menjadi 77,8%. Apakah ini akhir istilah kami-seven di JKT48?

Nah, apakah kalian bisa melihat hal lainnya pada tabel di atas? Seperti biasa, beritahu JKT48FC yah.

Selanjutnya, bagaimana kalau kita melihat data tersebut dengan membaginya ke per year basis?

Senbatsu All Single Per Year Basis

2013
2014
2015

Wah, ada beberapa hal menarik yang bisa kita lihat juga loh:

  • Rona Anggreani rupanya selalu terpilih sebagai senbatsu di tahun 2013 bersama dengan 7 member kami-seven (awal) lainnya. Akan tetapi, dia sama sekali tidak menjadi senbatsu di tahun 2014, walau terpilih satu kali di tahun 2015. Seperti apa yah nasib per-senbatsu-an Rona ke depannya?
  • Beda cerita dengan Rona, Vienny dan Kinal yang sebelumnya tidak selalu terpilih menjadi senbatsu di tahun 2013 jadi terus terpilih di tahun 2014 dan 2015.
  • Andela menunjukkan bahwa dia memang ace dari team T. Mulai dari awal tahun 2015 sampai pertengahan tahun 2015, dia selalu terpilih menjadi senbatsu di setiap single JKT48 yang bisa dia bisa ikuti. Menarik melihat kelanjutan dari ‘karir senbatsu’ Andela, apakah hal ini akan terus bertahan atau berhenti hanya sampai di single ke-10 ini. Sejauh ini, hanya Andela member team T yang selalu terpilih menjadi senbatsu di tahun 2015.
  • Tata ternyata selalu terpilih menjadi senbatsu setelah sukses dalam senbatsu sousenkyo single ke-6 JKT48 (Gingham Check). Dia yang semula bukan golongan frontgirls, mendadak terdorong ke depan menjadi frontgirls, walau akhirnya terjegal di senbatsu sousenkyo single ke-10.

Dari semua data di atas, siapa sajakah yang belum pernah menjadi senbatsu di 10 single JKT48?

  • Generasi 1: Frieska (dia hanya pernah pseudo-senbatsu di Heavy Rotation).
  • Generasi 2: Rachel, Dena, Uty, Shafa, Nadila, Lidya, Nobi, Via, dan Sinka.
  • Generasi 3: Semuanya kecuali Andela dan Michelle.

Seru kan? Ternyata bermain dengan data itu menyenangkan yah? Kita jadi bisa tahu banyak hal dari data dan ini adalah fakta yang benar-benar terjadi di JKT48. šŸ™‚

Kalau kalian punya hal-hal lain yang ingin dishare, silahkan mention JKT48FC yah.

comments with facebook

About Jvalz

'Idol Group Enthusiast'. Menulis untuk menuangkan pemikiran.

Check Also

1f

[Editorial] Senbatsu Sousenkyo JKT48 Sejauh Ini – 6 Member dengan Cerita

Tahun ini adalah kali ketiga senbatsu sousenkyo JKT48 dilaksanakan semenjak dimulai pertama kali di tahun …